Sains

Jumat Besok, Asteroid Raksasa Ini Mendekati Bumi

Asteroid raksasa tersebut dikenal sebagai 162082 atau 1998 HL1.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

Hitekno.com - NASA baru saja melaporkan bahwa sebuah asteroid raksasa kemungkinan akan melesat melewati Bumi pada Jumat (25/10/2019) besok.

Dilansir dari Space.com, data NASA dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) menunjukan bahwa asteroid raksasa tersebut dikenal sebagai 162082 atau 1998 HL1.

Objek luar angkasa ini akan berada dalam jarak dekat dengan Bumi pada Jumat besok pukul 13.21 EDT atau Sabtu (26/10/2019) jam 00.21 WIB waktu Indonesia.

NASA menyebutkan bahwa asteroid raksasa ini akan berada pada 0,04155 unit astronomi atau 3,862,313 mil dari Bumi atau bisa disamakan dengan rata-rata 16 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Secara tata surya, asteroid raksasa ini berada dalam jarak yang cukup dekat dengan Bumi. Walaupun cukup dekat, NASA memastikan bahwa asteroid raksasa ini tidak akan bertabrakan dengan Bumi.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)

Nantinya, saat asteroid raksasa ini melewati Bumi, benda tersebut akan melaju dengan kecepatan sekitar 25.000 mil per jam atau 12 kali lebih cepat dari peluru yang ditembakkan dari senapan.

Mengenai ukuran, asteroid raksasa ini diprediksi berukuran 1.443 dan 3.248 kaki. Secara ukuran tersebut, asteroid raksasa ini memiliki ukuran yang jauh lebih tinggi dari menara Burj Khalifa.

Asteroid raksasa ini masuk sebagai objek dekat Bumi atau NEO yang disebut-sebut mengorbit matahari dalam jarak 121 juta mil dari bintang dan 30 juta mil dari Bumi.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)

Meskipun saat ini asteroid raksasa tersebut tidak akan menabrak Bumi, tidak menutup kemungkinan jika beberapa abad ke depan, asteroid raksasa ini masuk sebagai objek yang berpotensi bahaya.

Lebih lanjut, menurut laporan NASA, asteroid raksasa ini dapat dilihat melalui teleskop amatir atau melalui situs web Virtual Telescope Project.

Kamu yang penasaran, jangan lupa untuk menyaksikan asteroid raksasa yang mendekati Bumi ini ya.

Berita Terkait