Sains

Ditemukan 18 Planet Asing Baru Seukuran Bumi, Bisa Ditinggali?

Sekelompok astronom baru-baru ini telah berhasil menemukan 18 planet asing baru.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi planet Bumi. (Pixabay)
Ilustrasi planet Bumi. (Pixabay)

Hitekno.com - Sekelompok astronom dari Institut Max Planck, Universitas Georg Göttingen, dan Observatorium Sonneberg telah menemukan sejumlah planet asing baru. Bukan satu atau dua, ada 18 planet yang mereka temukan.

Menurut para astronom ini, 18 planet asing yang mereka temukan ini memiliki ukurang yang mirip dengan Bumi.

Terhitung sampai 1 Mei 2019, terdapat 4.058 planet asing yang dikonfirmasi keberadaannya dan mengorbit 3.033 sistem bintang, dengan 658 sistem bintang di antaranya memiliki lebih dari satu planet.

18 planet asing baru tersebut ditemukan dalam analisis ulang terhadap data yang diperoleh dari misi teleskop antariksa Kepler. Analisis tersebut menggunakan algoritma baru yang lebih sensitif yang disebut Transit Least-Squares.

Berkat algoritma tersebut, para astronom bisa dengan mudah menemukan dan mengkonfirmasi keberadaan planet asing yang mengorbit bintang lain selain Matahari.

Dalam segi ukuran, 18 planet ini memiliki rentang ukuran mulai dari 69 persen diameter Bumi hingga dua kali lebih besar dari Bumi.

Algoritma Transit Least-Squares ini bekerja untuk mengidentifikasi penurunan kecerahan cahaya bintang atau mengukur peredupan maksimum bintang yang disebabkan karena adanya planet yang melintas di depannya.

Ilustrasi cara kerja K2 Kepler. [NASA]
Ilustrasi cara kerja K2 Kepler. [NASA]

 

Dengan mengukur hal tersebut, para astronom dapat mengetahui seberapa besar dan bagaimana karakteristik dari planet tersebut.

Seluruh planet yang baru ditemukan ini berasal dari data misi K2 Kepler. Sebagian besar dari planet tersebut sayangnya bukanlah kandidat planet laik huni karena mengorbit terlalu dekat dengan bintang induknya.

Dilansir dari Earth Sky, hal itu membuat suhu rata-rata sebagian besar planet yang ditemukan berkisar lebih dari 100 derajat Celcius hingga 1.000 derajat Celcius.

Namun, salah satu dari 18 planet tersebut yaitu planet EPIC 201238110.02 mengorbit di dalam zona laik huni bintang induknya, di mana zona tersebut berpotensi memiliki air dalam bentuk cair.

Planet EPIC 201238110.02 merupakan planet berukuran 1,87 kali diameter Bumi dan berjarak sekitar 522 tahun cahaya.

Meski begitu, para astronom saat ini masih tertarik untuk mempelajari 18 planet asing baru yang baru ditemukan tersebut dan mencari tahu lebih banyak planet lainnya dengan algoritma Transit Least-Squares.

Informasi yang astronom dapatkan mengenai 18 planet asing baru masihlah minim. Sehingga tidak diketahui apakah bisa ditinggali seperti Bumi atau tidak. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait