Sains

Fotografer Amatir Ini Foto Bulan dan Planet dengan Kamera 81 MP

Pria biasa yang bekerja di perusahaan perangkat lunak di Sacramento, California ini menangkap foto Bulan dan Planet selama satu bulan penuh.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi Bulan. (Pakutaso)
Ilustrasi Bulan. (Pakutaso)

Hitekno.com - Seorang fotografer antariksa amatir bernama Andrew McCarthy belum lama ini sukses mengabadikan foto Bulan dan Planet dengan menggunakan kamera beresolusi 81 MP. Proyek antariksa yang ia lakukan ini dimulai sejak 7 Mei 2019 hingga 30 hari berikutnya.

Pria biasa yang bekerja di perusahaan perangkat lunak di Sacramento, California ini menangkap potret Bulan dan Planet selama satu bulan penuh.

Tidak sia-sia, dirinya mendapat hasil foto Bulan yang mengagumkan ini.

Khas fotografer antariksa amatir, Andrew McCarthy merakit alat-alatnya sendiri dengan kemampuan dan pengetahuan yang ia punya.

Menggunakan Orion XT10 dan Skywatcher EQ6-R pro, fotografer amatir ini juga menyematkan beberapa kamera dan aksesori lainnya untuk menangkap ribuan foto Bulan dan Planet.

Perlengkapan Andre McCarthy. (instagram/cosmic_background)
Perlengkapan Andre McCarthy. (instagram/cosmic_background)

 

Dalam wawancaranya dengan BBC, Andrew McCarthy mengaku jika dirinya menggunakan kamera beresolusi 81 MP dan teleskop yang ditempelkan pada mouse pelacak yang nantinya bertugas untuk mengimbangi atau mengikuti perputaran Bumi.

Dari sekitar 250 ribu potret bulan, Andrew McCarthy hanya mengunggah 1 foto Bulan ke akun Instagram @cosmic_background.

Terlihat menakjubkan, hasil foto penampakan permukaan Bulan karya Andrew McCarthy ini sudah mencuri perhatian netizen bahkan beberapa media besar di Amerika.

Potret Bulan. (instagram/cosmic_background)
Potret Bulan. (instagram/cosmic_background)

 

Tidak hanya memotret Bulan, Andrew McCarthy juga mengambil gambar planet Jupiter yang terlihat jelas saat siang hari. Menurut pengakuannya, foto menakjubkan ini diambil sesaat setelah matahari terbit.

Dalam foto yang ia unggah terlihat planet Jupiter yang begitu nampak jelas. Sedangkan planet kecil lainnya yang mengelilingi Jupiter ada di sekitarnya yaitu Ganymede dan Europa.

Penampakan Jupiter di siang hari. (instagram/cosmic_background)
Penampakan Jupiter di siang hari. (instagram/cosmic_background)

 

Sukses mendapat berbagai potret mengagumkan dari Bulan dan Planet, Andrew McCarthy jelas mendapat sorotan dari banyak pihak. Lebih lanjut, dirinya mengaku jika semua hal yang ia tekuni ini ia pelajari secara otodidak.

Berita Terkait