Sains

Program AI Temukan Puluhan Sinyal Alien dari Luar Galaksi

Hii, sinyalnya lain dari biasanya!

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi sinyal dari Alien. (Oufosighting)
Ilustrasi sinyal dari Alien. (Oufosighting)

Hitekno.com - Para pemburu alien mengklaim mereka telah mendeteksi sinyal radio aneh yang diduga dari alien. Sinyal alien itu tertangkap dari sebuah program AI dan berasal dari galaksi terluar.

Para peneliti menyatakan bahwa mereka memperkirakan sinyal aneh tersebut berasal dari luar galaksi yang jaraknya mencapai 3 miliar tahun cahaya dari planet Bumi.

Program Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diketahui telah menangkap 72 sinyal FRB (Fast Radio Bursts).

Penemuan sinyal yang diduga dari alien itu diungkapkan oleh Breakthrough Listen, sebuah program dengan misi mencari kehidupan di tempat lain selain Bumi.

Dikutip dari The Independent, penelitian ini telah diterbitkan di Astrophysical Journal pada awal Sepetember 2018.

Ilustrasi program Breakthrouh Listen. (Danielle Futselaar)
Ilustrasi program Breakthrouh Listen. (Danielle Futselaar)

FRB telah lama dianggap sebagai fenomena paling misterius di alam semesta. Sinyal FRB adalah ledakan secara intens sebuah emisi radio yang dapat dideteksi dari Bumi namun kemudian mati.

Penjelasan populer yang mungkin bisa dijelaskan oleh para ilmuwan adalah sinyal ini berasal dari tiga hal.

Sumbernya bisa berasal dari hasil gelombang ledakan lubang hitam, semburan medan magnet tingkat tinggi, dan peradaban alien maju yang mencoba berkomunikasi dengan kita.

Program Breakthrough Listen mengklaim sinyal ini dari alien karena sinyal misterius yang tertangkap ''berbeda'' dengan sinyal yang biasanya mereka tangkap.

Para peneliti di Search for Extraterrestrial Intelligence, atau SETI, menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk menyaring kumpulan data yang dikumpulkan oleh Green Bank Telescope, Green Virginia setahun yang lalu.

Ilustrasi galaksi terluar. (Personaltechmd)
Ilustrasi galaksi terluar. (Personaltechmd)

AI menemukan 72 lebih dari ''semburan radio cepat'' dan sebelumnya pada 26 Agustus 2017 pernah tercatat terdapat sinyal yang hampir mirip dengan jumlah 21 sinyal.

Semuanya berasal dari galaksi yang sama yaitu galaksi FRB 121102. Jadi total sinyal yang tertangkap mencapai 93 sinyal misterius.

Sinyal biasanya hanya terjadi selama satu kali semburan, namun yang membuat FRB 121102 menarik adalah ia melepaskan ratusan semburan dalam satu waktu.

Ilustrasi Alien. (NBC News)
Ilustrasi Alien. (NBC News)

Para ilmuwan yang menganalisa sinyal misterius itu menduga kuat berasal dari dua hal yaitu sinyal dari bintang neutron yang sangat magnetis atau pesan yang coba dikirim oleh alien.

Program AI yang menemukan sinyal alien ini merupakan langkah awal para ilmuwan untuk menemukan sinyal radio aneh yang lebih kuat lagi di masa depan.

Berita Terkait