Sains

Pertama Ditemukan Astronom, Inilah Sistem Asteroid yang Memiliki 3 Bulan

Awalnya disankga dua, ternyata asteroid ini punya tiga bulan.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

Hitekno.com - Untuk pertama kali ditemukan sistem asteroid yang memiliki tiga bulan. Para astronom lama mengamatinya untuk memastikan kebenaran objek luar angkasa ini.

Sebelumnya, asteroid (130) Elektra sudah diketahui memiliki dua bulan. Dan kini, astronom menemukan yang lebih banyak. Yakni sistem asteroid dengan tiga bulan.

Rupanya, para ahli menemukan bulan ketiga yang bersembunyi dalam data yang dikumpulkan Very Large Telescope, milik European Southern Observatory di Chili.

Para ahli dari National Astronomical Research Institute of Thailand, mengembangkan algoritma pemrosesan data baru dan menggunakannya untuk melihat pengamatan Elektra dari 2014.

"Penelitian kami mengonfirmasi dua bulan yang sudah diketahui sebelumnya dan bulan ketiga yang lebih redup," kata Anthony Berdeu, penulis utama studi, seperti dikutip dari CNET, Kamis (17/2/2022).

Asteroid (130) Elektra. [Narit.or.th]
Asteroid (130) Elektra. [Narit.or.th]

Elektra terletak di sabuk asteroid utama tata surya antara Mars dan Jupiter. Sifatnya yang tak biasa telah menarik perhatian ilmiah.

Bulan kecil pada asteroid itu mengorbit batuan antariksa setiap 16,3 jam.

Penemuan ini akan membantu para astronom memahami bagaimana satelit alami terbentuk dan memberikan informasi penting, tentang pembentukan planet serta evolusi tata surya di masa depan.

Sistem asteroid Elektra mungkin yang pertama dari jenisnya yang ditemukan saat ini, tapi tidak menutup kemungkinan jika para ahli menemukan lebih banyak sistem asteroid serupa di masa mendatang.

Metode analisis data Berdeu dapat diterapkan pada asteroid potensial lainnya.

Itulah penemuan sistem asteroid dengan tiga bulan yang menjadi perhatian para astronom. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait