Sains

Ditemukan Asteroid Raksasa yang Mengikuti Bumi, Jaraknya Cukup Dekat

Cek hasil pengamatan ilmuwan pada asteroid raksasa ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

Hitekno.com - Para ilmuwan menemukan adanya sebuah asteroid raksasa atau juga disebut asteroid Trojan yang terlihat mengikuti Bumi.

Menurut ilmuwan, asteroid raksasa yang dinamai asteroid 2020 XL5 tersebut tengah mengikuti orbit Bumi dengan jarak yang cukup dekat.

Para ahli berpikir bahwa jaraknya cukup dekat untuk dikunjungi oleh astronot suatu hari nanti.

Asteroid Trojan dikenal karena berbagi orbitnya dengan sebuah planet. Asteroid seperti ini pertama kali terlihat di sekitar Jupiter dan diberi nama berdasarkan tokoh-tokoh dari Perang Troya.

Selain asteroid 2020 XL5, ada satu asteroid Trojan lainnya yang telah terlihat di sekitar Bumi.

Para ilmuwan melihat kandidat Trojan baru pada 12 Desember 2020 dan data telah mengonfirmasi bahwa itu adalah asteroid Trojan Bumi.

"Di sini kami mengonfirmasi bahwa 2020 XL5 yang baru ditemukan adalah Trojan Earth," kata para peneliti dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

Asteroid 2020 XL5. [Wikipedia]
Asteroid 2020 XL5. [Wikipedia]

Dilansir dari New York Post, Rabu (2/2/2022), asteroid tersebut memiliki lebar sekitar 0,73 mil.

Untungnya, asteroid tersebut tidak memiliki dampak buruk bagi Bumi, meskipun terus mengikuti di belakang planet.

Para ilmuwan mengatakan tidak menutup kemungkinan jika manusia dapat mengunjunginya suatu hari nanti dan bahkan membangun pangkalan di asteroid tersebut.

"Objek-objek ini mungkin menjadi target ideal untuk misi luar angkasa di masa depan, di mana manusia dapat menetap untuk membuat pangkalan atau memasang perangkat keras ilmiah," tambah para ilmuwan.

Asteroid 2020 XL5. [Nature]
Asteroid 2020 XL5. [Nature]

Sayangnya, belum diketahui secara pasti dari mana asteroid tersebut berasal. Namun para ahli menduga bahwa itu terlempar ke Bumi oleh Jupiter.

Tim memprediksi asteroid 2020 XL5 dapat berbagi orbit dengan Bumi selama 4.000 tahun ke depan.

Itulah laporan ilmuwan yang mengawasi asteroid raksasa. Belum diketahui apakah asteroid Trojan ini membahayakan Bumi atau tidak. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait