Sains

Bikin Penumpang Kapal Menjerit, Hiu Raksasa Ini Disangka Megalodon

Spesies hiu di dalam video ternyata bisa tumbuh mencapai 7,9 meter!

Rezza Dwi Rachmanta

Hiu raksasa yang ini bikin netizen takjub dan heboh. (TikTok/ @.alex.albrecht)
Hiu raksasa yang ini bikin netizen takjub dan heboh. (TikTok/ @.alex.albrecht)

Hitekno.com - Bagi penggemar film terkait hewan buas terutama hiu, mereka pasti tak asing dengan istilah Megalodon. Sebuah video viral ini menampakkan seekor hiu raksasa yang dikira netizen merupakan seekor Megalodon.

Pengguna TikTok dengan akun bernama Alex Albrecht (@.alex.albrecht) membagikan sebuah video mengenai seekor hiu berukuran raksasa yang melintas di dekat kapal.

"Berlayar enam minggu di Atlantik, melihat hiu yang sangat besar," tulis @.alex.albrecht pada caption-nya. Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 45 juta kali dan memperoleh 6 juta Like.

Tak sedikit netizen yang mengira itu adalah hiu Megalodon. Perlu diketahui, Megalodon (Carcharocles megalodon) merupakan spesies hiu yang sudah punah di mana ia diperkirakan pernah hidup sekitar 23 hingga 2,6 juta tahun.

"Wow, apakah itu Megalodon," kata @.j*i**s.

Hiu raksasa yang ini bikin netizen takjub dan heboh. (TikTok/ @.alex.albrecht)
Hiu raksasa yang ini bikin netizen takjub dan heboh. (TikTok/ @.alex.albrecht)

"Film Meg ternyata ada di dunia nyata (emoticon terkejut)," balas @ti*ot*yc*al*mett.

Kita bisa melihat penumpang kapal yang berkerumun menuju tepi saat melihat hiu raksasa melintas di samping kapal. Dalam video, kita turut mendengar teriakan histeris penumpang kapal saat mereka merasa takjub karena melihat seekor hiu besar tepat di depannya.

Kepada The Sun, Alex Albrecht menceritakan bahwa saat itu dirinya bersama mahasiswa lain sedang berlayar dalam rangka mempelajari keanekaragaman hayati di laut dari perairan Florida ke Massachusetts, Amerika Serikat selama enam minggu.

Basking shark atau hiu penjemur. (NOAA via Goodfreephotos)
Basking shark atau hiu penjemur. (NOAA via Goodfreephotos)

"Saya berlayar di SSV Corwith Cramer pada program semester dengan Sea Education Association untuk mempelajari keanekaragaman hayati dan konservasi laut. Kami juga dilatih menjadi awak kapal. Video ini diambil dari tiang yang tinggi di mana Anda bisa memanjat untuk menikmati pemandangan. Saya sangat bersyukur bisa berbagi makhluk yang luar biasa ini dengan begitu banyak orang," kata Alex Albrecht.

Dikutip dari Independent, hiu yang melintas di dekat kapal tersebut diperkirakan memiliki panjang 17 kaki atau 5 meter.

Banyak pengamat dan penggemar hiu mengungkapkan bahwa makhluk di dalam video viral tersebut merupakan seekor basking shark atau hiu penjemur (Cetorhinus maximus), bukan Megalodon.

Makhluk ini juga dikenal sebagai hiu gajah karena ukurannya yang sangat besar. Hiu penjemur termasuk sebagai spesies terbesar kedua dalam keluarga hiu.

Santai saja, hiu tersebut tak memakan manusia yang suka menjerit mengingat makanan utamanya merupakan plankton. Mereka bisa tumbuh dalam ukuran dewasa yang mencapai 7,9 meter.

Meski berukuran sangat besar, namun hiu penjemur masih kalah dengan Megalodon yang dipercaya ilmuwan dapat mencapai panjang 18 meter.

Oleh IUCN, hiu penjemur dikategorikan sebagai hewan yang masuk dalam daftar Endangered atau Terancam Punah. Video viral mengenai penampakan hiu raksasa di dekat kapal ini bisa digunakan agar manusia bisa melestarikan alam sehingga makhluk tersebut masih bisa dilihat oleh generasi mendatang.

Berita Terkait