Tips Beli Kambing untuk Kurban Online Lewat Ecommerce Biar Nggak Kena Tipu

Mau beli kambing untuk kurban secara online? Simak berbagai tips berikut ini biar nggak kena tipu oknum nakal.

Cesar Uji Tawakal
Selasa, 13 Juni 2023 | 20:21 WIB
Ilustrasi kambing. (Pixabay/ Annette Meyer)

Ilustrasi kambing. (Pixabay/ Annette Meyer)

Hitekno.com - Tak terasa, Idul Adha 2023 tinggal menunggu hari. Idul Adha diprediksi akan jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Meski demikian, informasi resminya masih menunggu sidang isbat pemerintah.

Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Ada banyak jenis hewan Qurban yang diperbolehkan untuk dijadikan hewan Qurban.

Akan tetapi di Indonesia sendiri, hewan Qurban yang banyak digunakan adalah sapi dan kambing, meski di beberapa daerah juga mempersembahkan hewan kerbau untuk berkurban.

Baca Juga: Deretan Penyakit yang Rentan Menyerang Hewan Kurban, Wajib Diwaspadai

Sesuai alurnya, biasanya orang yang hendak berkurban membeli hewan kurban dari pedagang yang banyak ditemui jelang Idul Adha. Harga hewan kurban yang dijual pun beraneka ragam.

Akan tetapi, beberapa orang memilih cara yang lebih ringkas ketika hendak berkurban. Alih-alih datang ke pedagang dan memilih hewan kurban secara langsung, mereka lebih suka berkurban secara online.

Apalagi belakangan ini, banyak sekali ditemukan badan yang memfasilitasi mereka yang ingin berkurban secara online. Bahkan, banyak hewan kurban yang dijual melalui ecommerce

Baca Juga: Lagi Merebak di AS, Narkoba Zombie Ini Bikin Busuk Jaringan

Karena sistemnya online, maka kamu wajib waspada. Berikut Hitekno.com telah merangkum tips membeli hewan kurban online di ecommerce agar tidak tertipu.

1. Pilih ecommerce dan penjual terpercaya

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memilih ecommerce dan penjual. Usahakan untuk memilih ecommerce dan penjual terpercaya.

Baca Juga: 6 Item Build Lancelot Tank Terkuat ala ONIC Kairi, Jarang Tumbang di MSC 2023

Penyedia qurban online tentu menggunakan platform tertentu untuk mempermudah proses transaksi. Disarankan agar kamu tidak melakukan transaksi di luar platform tersebut.

Platform ecommerce terpercaya di Indonesia yang bisa kamu manfaatkan untuk beli kambing kurban antara lain Blibli, Shopee, LinkAja, Kitabisa hingga Umma. Kamu juga bisa membeli hewan kurban secara online di Bukalapak dan Tokopedia.

2. Cari info harga hewan kurban

Jangan termakan harga murah yang cocok dengan kantong kamu. Setidaknya kamu harus cari referensi harga kambing seperti yang kamu inginkan.

Sebab terkadang, apa yang kamu anggap murah tersebut merupakan harga tinggi di pasaran. Oleh sebab itu, Hitekno.com sarankan agar kamu cari referensi harga ya.

Kamu bisa cek di ecommerce lain atau tanya kepada mereka yang sudah berpengalaman dalam hal jual beli kambing.

3. Perhatikan syarat pembelian hewan kurban

Kamu bisa mengecek profil hewan qurban yang dijual untuk mengetahui apakah pembelian tersebut akan diantar ke lokasi atau didistribusikan ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Jika didistribusikan, mintalah alur dan prosedur penyaluran. Selain itu, kamu juga wajib minta update penyaluran seperti yang disampaikan.

Jika hewan kurban tersebut akan dikirim ke rumah, maka tanyakan juga prosedurnya. Kamu harus menanyakan hal ini secara detail ke penjual agar tidak ada kesalahpahaman maupun masalah nantinya.

4. Tanyakan dan pastikan soal kesehatan hewan kurban

Ini adalah hal penting yang juga harus kamu pastikan. Kesehatan hewan kurban menjadi hal penting yang wajib kamu tanyakan sebelum membeli.

Sebab kesehatan hewan kurban adalah hal paling utama dalam berkurban. Jangan sampai kamu berkurban hewan yang tidak sehat. Selain tidak baik, hewan yang tidak sehat juga membahayakan kesehatan mereka yang mengonsumsinya.

Ada dua syarat utama agar kambing sah dijadikan hewan kurban, yaitu cukup umur dan dalam keadaan sehat atau tidak cacat. 

5. Minta laporan perkembangan kurban

Tips terakhir yang wajib kamu lakukan adalah meminta laporan perkembangan hewan qurban, apalagi jika hewan yang kamu beli akan disalurkan ke daerah-daerah.

Laporan dibutuhkan untuk membuktikan jika penjual hewan qurban amanah alias dapat dipercaya. Jangan lupa, cek pendistribusian tersebut dengan menanyakan orang-orang yang mungkin terlibat dalam penyaluran hewan kurban.

Itulah tips beli kambing untuk kurban secara online lewat ecommerce.

Kontributor: Damai Lestari
Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak