Sains

Cowok Bangga Jilati Ubur-ubur Ini, Padahal Hewan Berbahaya

Jangan macam-macam dengan ubur-ubur satu ini ya guys!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ubur-ubur bluebottle yang dipamerkan. (TikTok/ @alexa_reed2)
Ubur-ubur bluebottle yang dipamerkan. (TikTok/ @alexa_reed2)

Hitekno.com - Pengguna internet kekinian terkadang suka memamerkan hewan-hewan unik yang dijumpai di sekitar mereka. Seorang cowok ini dengan bangga memamerkan ubur-ubur unik, namun tak sadar bahwa itu adalah hewan berbahaya yang mematikan.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @alexa_reed2 membagikan unggahan mengenai hewan unik bertubuh transparan dengan balutan warna biru di sekitarnya.

Video menunjukkan bahwa pria tersebut dengan bangga mendorong, mengambil, bahkan menjilati hewan mencolok itu di tepi pantai.

"Lihat teman-teman, ubur-ubur masih ada di sini. Aku akan mengambilnya. Seperti inilah kelihatannya ya, ini ubur-ubur, lihat seberapa besar. Itu masih bergerak! Aku akan menjilatnya," tulis akun tersebut pada videonya.

Postingan video langsung viral setelah diduetkan oleh akun terverivikasi centang biru @mndiaye_97 yang suka membagikan konten mengenai sains.

Ubur-ubur bluebottle yang dipamerkan. (TikTok/ @alexa_reed2)
Ubur-ubur bluebottle yang dipamerkan. (TikTok/ @alexa_reed2)

 

Ia menjelaskan bahwa hewan yang dipamerkan dengan bangga itu adalah Man o 'War Portugis (atau ubur-ubur Bluebottle). Itu merupakan salah satu ubur-ubur yang berbahaya di lautan. Dilansir dari IFLScience, hewan ini mempunyai sengatan mematikan yang meninggalkan bekas luka permanen.

Data dari Wikipedia bersumber dari Jurnal Medis Australia, spesies ubur-ubur Bluebottle bertanggung jawab atas lebih dari 10 ribu sengatan terhadap manusia di Australia setiap musim panas, terutama di pantai timur.

Situs resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) juga mencantumkan ubur-ubur api, Bluebottle dengan spesies bernama Physalia physalis sebagai hewan berbahaya.

Struktur morfologi ubur-ubur api atau bluebottle. (oseana.lipi.go.id)
Struktur morfologi ubur-ubur api atau bluebottle. (oseana.lipi.go.id)

 

"Secara umum toksin dari ubur-ubur api (Physalia physalis) bersifat kardiotoksik, neurotoksik, muskulartoksik dan hemolitik. Oleh karena itu, mangsa yang tersengat dapat mengalami kelumpuhan (paralyze) atau bahkan kematian. Pengujian toksin pada hewan anjing (canine) menunjukkan adanya peningkatan tekanan darah, peningkatan laju pernafasan dan hemolisis," tulis keterangan pada sebuah artikel di LIPI.

Bukan hanya terkenal karena menyengat manusia, ubur-ubur ini juga bisa mengakibatkan kematian terutama pada orang-orang yang rentan. Untungnya, hewan di dalam video nampak tak berdaya dan tidak menghasilkan sengatan. Apabila tersengat, tentu dapat terjadi hal yang kurang mengenakkan pada cowok tersebut.

Ubur-ubur api (Physalia physalis) atau Bluebottle dapat ditemukan di perairan pantai Australia dan Indonesia sehingga kita perlu berhati-hati apabila menjumpainya.

Berita Terkait