Sains

Asteroid Seukuran Mobil Melintas dekat Bumi, Bahaya?

Mengerikannya, batuan luar angkasa ini melaju dengan jarak yang begitu dekat dengan Bumi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA telah mendeteksi adanya asteroid seukuran mobil terbang melitas dekat dengan Bumi.

Mengerikannya, batuan luar angkasa ini melaju dengan jarak yang begitu dekat dengan Bumi. Bahkan jarat paling dekat dibanding asteroid lainnya.

Meski berjarak sangat dekat dengan Bumi, namun ukuran asteriod yang hanya sebesar mobil SUV ini tidak mengancam keselamatan para penduduk di Planet Biru.

Dikutip dari New York Post, Rabu (19/8/2020), asteroid bernama QG 2020 ini melesat dengan kecepatan 8 mil per detik sekitar 1.830 mil di atas Samudra Hindia selatan pada Minggu pagi.

Memiliki panjang sekitar 20 kaki, keberadaan asteroid itu nyaris tidak terlihat, sampai akhirnya asterood tersebut melewati Bumi dengan jarak terdekatnya.

Ilustrasi sebuah asteroid sedang melintas dekat Bumi. [Shutterstock]
Ilustrasi sebuah asteroid sedang melintas dekat Bumi. [Shutterstock]

 

"Sungguh keren melihat asteroid kecil datang sedekat ini, karena kita bisa melihat gravitasi bumi secara dramatis bisa membelokkan lintasannya," kata Paul Chodas, Direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA.

"Perhitungan kami menunjukkan bahwa asteroid ini berputar sekitar 45 derajat saat diayunkan oleh gravitasi planet kita," imbuh Chodas.

Chodas menyebut, sebenarnya banyak asteroid seukuran QG 2020 yang menabrak Bumi setiap tahunnya, tetapi biasanya menjadi bola api, lalu pecah dan hancur begitu memasuki atmosfer Bumi.

Itulah asteroid sebesar mobil melaju dekat dengan Bumi yang berhasil dideteksi NASA. Beruntung tidak membahayakan planet tempat tinggal kita. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait