Sains

Astronom Temukan Sinyal Misterius Lagi, Sesuatu Mengontak Bumi

Sinyal ini benar-benar aneh.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi sinyal dari luar galaksi. (New Atlas)
Ilustrasi sinyal dari luar galaksi. (New Atlas)

Hitekno.com - Sebuah sinyal misterius lagi-lagi ditangkap oleh astronom. Sinyal misterius yang dikenal sebagai Fast Radio Burst (FRB) tertangkap dalam sebuah satelit yang sedang diobservasi oleh peneliti.

FRB merupakan gelombang-gelombang keras radio yang menyebar melalui luar angkasa. Pukulan energinya hampir setara dengan energi yang dihasilkan oleh Matahari selama satu abad.

Namun bedanya, sinyal radio aneh ini hanya berlangsung selama beberapa milidetik.

Sinyal ini pertama kali ditemukan lebih dari satu dekade yang lalu, namun ilmuwan dan juga peneliti masih memiliki sedikit gagasan atau teori mengenai penyebab sinyal ini.

Para peneliti dari Australia baru-baru ini melakukan perburuan mengenai galaksi yang diduga kuat sebagai penyebab semburan sinyal misterius.

Sinyal yang diberi nama dengan FRB 171020 ini relatif lebih dekat dengan Bumi dibandingkan dengan sinyal misterius yang pernah tertangkap sebelumnya.

Teleskop Compact Array di Australia. (CSIRO)
Teleskop Compact Array di Australia. (CSIRO)

 

Dikutip dari IFLScience, penelitian terbaru ini dipimpin oleh lembaga sains nasional Australia, CSIRO dan datanya dapat ditemukan di server preprint arXiv.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa FRB 171020 tertangkap bersama dengan 20 sinyal FRB serupa ditempat yang sama.

Studi tersebut menyoroti bahwa kemungkinan itu berasal dari galaksi yang dikenal sebagai ESO 601-G036 yang berada pada 120 juta tahun cahaya dari Bumi.

FRB lainnya pernah tertangkap dan sepertinya berjarak sekitar 3 miliar tahun cahaya dari Bumi. Itu menjadikan FRB yang baru-baru ini ditemui relatif ''dekat'' dengan Bumi.

Salah satu sinyal FRB. (Emily Petroff via Futurism)
Salah satu sinyal FRB. (Emily Petroff via Futurism)

 

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan bahwa mereka telah menemukan 20 FRB dalam setahun. Jumlah tersebut berarti dua kali lipat lebih banyak dari yang pernah mereka temukan pada tahun 2007.

Fenomena FRB tidak dipahami secara rinci oleh ilmu yang dimengerti manusia saat pada saat ini.

Ilmuwan percaya bahwa salah satu kemungkinan FRB datang dari alien yang mencoba mengirim pesan dari luar angkasa. Sinyal misterius itu bisa juga berasal dari pesawat luar angkasa antar bintang milik alien.

Ilustrasi sinyal dari Alien. (Oufosighting)
Ilustrasi sinyal dari Alien. (Oufosighting)

 

Dalam teori saat ini, sinyal misterius FRB juga bisa berasal dari tabrakan benda-benda yang sangat padat seperti penggabungan lubang hitam atau bintang neutron.

Namun mereka juga bisa berasal dari fenomena supernova yang sangat energi.

Ilmuwan masih bekerja keras untuk menemukan apa atau siapa yang mengirimkan sinyal misterius aneh ini.

Berita Terkait