NASA Siap Ungkap Rahasia Asteroid Bennu, Batuan yang Bisa Menabrak Bumi

Dengan sample batuan yang bisa diambil, diklaim mampu mengungkap rahasia dari asteroid yang melesat dekat Bumi.

Minggu, 11 Oktober 2020 | 06:00 WIB
Logo NASA. (Shutterstock)

Hitekno.com - NASA menggunakan pesawat antariksa OSIRIS-REx tengah bersiap-siap mengambil sampel dari permuakaan batuan dari asteroid Bennu. Rencananya proyek ini akan diluncurkan 20 Oktober 2020 mendatang.

Sebelum pengambilan sampel, para ahli telah menyatukan apa yang mereka pikir dan ketahui sejauh ini, tentang asteroid dekat Bumi.

Baca Juga: NASA Tak Sadar Temukan Fosfin di Venus 42 Tahun Lalu

"Misi pengembalian sampel asteroid pertama, NASA sekarang tahu lebih banyak tentang materi yang akan dikumpulkannya hanya dalam beberapa minggu. Dalam koleksi khusus enam makalah yang diterbitkan hari ini di jurnal Science and Science Advances, para ilmuwan di misi OSIRIS-REx menyajikan temuan baru tentang material permukaan asteroid Bennu, karakteristik geologi, dan sejarah dinamis," tulis NASA.

Sebagaimana melansir laman The Sun, Sabtu (10/10/2020), NASA menduga bahwa sampel Bennu yang dikirim mungkin berbeda dengan apa pun yang dimiliki dalam pengumpulan meteorit di Bumi.

Para peneliti mengandalkan pemetaan resolusi tinggi yang telah dilakukan di sekitar Bennu, sejak pesawat ruang angkasa mulai mengorbitnya pada 2018 lalu.

Baca Juga: Bersama SpaceX, NASA akan Luncurkan 4 Astronot ke ISS

Harapannya, pekerjaan mereka akan mengisi celah penting dalam pemahaman kita tentang asteroid. NASA mengklaim, Bennu memiliki bahan-bahan yang kita tahu penting untuk kehidupan di Bumi.

"Salah satu makalah, yang dipimpin oleh Amy Simon dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, menunjukkan bahwa bahan organik yang mengandung karbon tersebar luas di permukaan asteroid, termasuk di situs sampel utama misi, Nightingale, di mana OSIRIS-REx akan melakukan upaya pengumpulan sampel pertamanya pada 20 Oktober," tulis NASA.

Temuan ini menunjukkan bahwa mineral terhidrasi dan bahan organik kemungkinan akan hadir dalam sampel yang dikumpulkan.