Sains

Tak Hanya Pintar Meniru, Kemampuan Burung Ini Mirip Truk Sampah

Burung ini dapat memindahkan atau menggeser sekitar 155 ton kotoran dan tanah dalam setahun.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Burung superb lyrebird. (YouTube/ Bird Kind)
Burung superb lyrebird. (YouTube/ Bird Kind)

Hitekno.com - Lyrebird terkenal dengan kemampuan mimikrinya yang luar biasa dalam menyalin atau meniru suara spesies hewan atau burung lain. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian terbaru, kapasitas serta cara kerja burung ini disamakan ilmuwan dengan truk sampah.

Dalam proses mencari makan, burung superb lyrebird (Menura novaehollandiae) memindahkan atau menggeser sekitar 155 ton kotoran dan tanah dalam setahun.

Penelitian mengenai kapasitas luar biasa yang dimiliki oleh Menura novaehollandiae telah diterbitkan di jurnal Ecological Applications.

Kemampuan tersebut berkontribusi besar pada ekologi hutan, membantu siklus hara, dan bahkan pemulihan ekosistem pasca kebakaran.

Merupakan hewan endemik Australia dan banyak ditemukan di hutan Australia Timur, Menura novaehollandiae dianggap peneliti sebagai "seorang insinyur" di lingkungannya.

Burung superb lyrebird. (Press Release La Trobe University/ Dr Alex Maisey)
Burung superb lyrebird. (Press Release La Trobe University/ Dr Alex Maisey)

 

Sebuah tim peneliti dari La Trobe University, Australia mengamati untuk melihat bagaimana hewan-hewan ini mengubah lanskap selama dua tahun.

Hasilnya, penemuan mereka mengungkapkan bahwa rata-rata burung lyrebirds memindahkan 155 ton tanah dan serasah daun per hektar dalam satu tahun saat mencari makan, setara dengan 11 truk sampah.

"Burung lyrebird yang luar biasa benar-benar adalah insinyur ekosistem yang bekerja paling keras di Australia. Saat mencari mangsa invertebrata, mereka menggunakan cakar tajamnya untuk mengekspos tanah kosong, mencampur serta mengubur serasah. Mereka dapat menggeser rata-rata 155 ton tanah dan serasah daun per hektar dalam satu tahun saat mencari makan," kata Dr Alex Maisey dalam rilis resminya.

Untuk kemampuan mimikri (proses menyerupai spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya), burung superb lyrebird (Menura novaehollandiae) mempunyai kemampuan yang sangat diacungi jempol.

Dikutip dari IFLScience, hewan endemik Australia ini dikenal dapat meniru berbagai jenis suara burung bahkan beberapa hewan lain.

Tak hanya menghiasi hutan Australia dengan suara unik, kemampuan cakar mereka ternyata dapat membantu ekosistem hingga pemulihan hutan pasca kebakaran.

Penemuan ini juga sangat penting karena hutan Australia menghadapi masa depan yang tidak pasti menyusul kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Australia timur.

Sebagai informasi, pada musim panas 2019/2020, terjadi kebakaran hutan yang menghanguskan sekitar 12 juta hektar lahan dengan parah.

Spesies burung superb lyrebird (Menura novaehollandiae) diharapkan dapat ikut memulihkan ekosistem dengan "kemampuan super" milik mereka tersebut.

Berita Terkait