Sains

Pengaruhi Kualitas Udara, Ini 3 Kabar Baik dari Bumi di Tengah Wabah Corona

Istirahat panjang Bumi ini diambil menyusul berbagai aturan lockdown dan social distancing yang ramai dilakukan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Hitekno.com - Virus corona untuk manusia tentu merupakan wabah yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Mempengaruhi dalam hal positif, berikut 3 kabar baik dari Bumi di tengah wabah corona. Salah satunya mempengaruhi kualitas udara di Bumi lho.

Seperti yang diketahui, umat manusia secara global mengalami pukulan besar saat wabah corona atau COVID-19 menyerang. Beberapa sektor kehidupan mengalami penurunan drastis, salah satunya sektor teknologi dan ekonomi.

Selain menyerang sektor kehidupan dari perusahaan-perusahaan besar, wabah corona juga tentu saja mengancam kehidupan manusia yang terinfeksi.

Walaupun begitu mengancam kehidupan manusia, terjadinya virus corona rupanya mempengaruhi Bumi secara keseluruhan. Bumi yang begitu aktif bekerja bersama berbagai kegiatan manusia tiba-tiba beristirahat.

Istirahat panjang Bumi ini diambil menyusul berbagai aturan lockdown dan social distancing yang ramai dilakukan. Karena hal ini, banyak hal baik yang lalu terjadi pada Bumi di tengah wabah corona, berikut 3 di antaranya.

1. Tingkat polusi berkurang

Penurunan polusi udara China sebagai dampak virus corona. (NASA)
Penurunan polusi udara China sebagai dampak virus corona. (NASA)

 

Kabar baik dari Bumi di tengah wabah corona ini adalah menurunnya tingkat polusi. Hal tersebut lalu tergambar jelas oleh NASA yang belum lama ini membagikan potret Bumi yang jauh lebih bersih usai diserang virus corona.

Dalam potret yang dibagikan NASA, nampak wilayah China mengalami pengurangan tingkat polusi. Tidak hanya China, Italia, bahkan Amerika juga turut mengalami hal serupa.

2. Berkurangnya pemanasan global

Akibat Pemanasan Global
Ilustrasi pemanasan global. (Pixabay)

 

Berkurangnya tingkat polusi juga disusul dengan berkurangnya pemanasan global. Peta NASA menunjukan penurunan taraf nitrogen dioksida yang drastis. Hal ini menyusul beberapa pabrik yang tutup.

Kurangnya aktivitas manusia dengan penggunaan berbagai zat yang mempengaruhi pemanasan global ini lalu juga ikut memberikan hal baik pada Bumi.

3. Air menjadi lebih bersih

Ilustrasi Venesia, Italia. (Pixabay)
Ilustrasi Venesia, Italia. (Pixabay)

 

Walaupun tidak mempengaruhi seluruh Bumi, salah satu kabar baik dari wabah corona ini adalah air di beberapa daerah yang menjadi lebih bersih.

Kualitas air yang menjadi bersih ini nampak jelas di Italia. Tujuan wisata populer di negara ini yaitu Grand Canal di Venesia memiliki kualitas air yang bersih sesaat setelah negara yang selalu ramai dengan turis ini melakukan lockdown.

Itu tadi 3 kabar baik dari Bumi di tengah wabah corona saat ini. Walaupun begitu mengancam kehidupan manusia, hal-hal sederhana ini tetap harus disyukuri ya, karena Bumi sedang memperbaiki diri.

Berita Terkait