Sains

Fakta Baru, Ilmuwan Ungkap Awal Mula Bumi Hanyalah Air

Fakta bahwa Bumi pada 3,2 miliar tahun lalu ternyata ditutupi oleh air serupa lautan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

Hitekno.com - Para ilmuwan belum lama ini mengungkap bagaimana lingkungan Bumi di awal kehidupan tercipta. Mirip penampakan di film Waterworld, ternyata Bumi pada awalnya hanyalah air.

Terungkapnya wujud awal mula Bumi yang didominasi air ini dipaparkan dengan jelas pada sebuah laporan penelitian di Nature Geoscience.

Melansir dari The Guardian, hal ini terungkap berdasarkan catatan geologis yang berisi fakta bahwa Bumi pada 3,2 miliar tahun lalu ternyata ditutupi oleh air serupa lautan.

Usai akhirnya terungkap bahwa awal mula Bumi didominasi air, para ilmuwan akhirnya juga dapat melakukan penelitian mengenai kemunculan organisme sel tunggal pada 3,5 miliar tahun lalu.

Pada mulanya, Bumi didominasi oleh kolam air tawar di daratan atau air asin. Karena didominasi oleh air, dapat dipastikan jika permukaan Bumi tidak memiliki ceruk kering.

Ilustrasi bumi hancur. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi bumi hancur. (pixabay/Buddy_Nath)

 

Penelitian ini pada awalnya ingin mencari tahu mengenai suhu awal mula Bumi yang lebih hangat atau lebih dingin saat pertama kali tercipta.

Para ilmuwan perlu menggali bukti tanah lautan purba untuk menemukan sebuah bukti di pedalaman Australia Barat Laut, di sebuah situs bernama Panorama.

Di situs ini ditemukan sepotong kerak samudera yang sudah berusia 3,2 miliar tahun. Di sisi kerak ini ditemukan sebuah pangkalan yang mengungkap bagaimana air muncul melalui lubang hidrotermal di dasar laut.

Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)
Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)

 

Tidak secara langsung menemukan air purba, namun para ilmuwan menemukan sebuah batu yang diketahui secara langsung berkaitan dengan asal mula air yang menutupi permukaan Bumi di masa lampau.

Batu ini yang lalu menjadi objek penelitian mengenai air yang dahulu kala mendominasi permukaan Bumi. Lebih lanjut, berbagai penelitian lalu dilakukan untuk mengungkap air yang menutupi permukaan Bumi di masa lampau.

Berita Terkait