Sains

Kelamaan Ditinggal, Mobil Ini Malah Jadi Sarang Tawon Raksasa

Sarang tawon raksasa ini berisi puluhan ribu ekor serangga mematikan.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Sarang tawon jaket kuning raksasa ditemukan di mobil Chevy Malibu. (YouTube/ Stinger Creations)
Sarang tawon jaket kuning raksasa ditemukan di mobil Chevy Malibu. (YouTube/ Stinger Creations)

Hitekno.com - Video satu ini bisa memberikan pelajaran kepada kita agar tidak meninggalkan mobil di tempat terbuka tepi hutan. Mobil Chevrolet Malibu (Chevy Malibu) di dalam video tampak berubah menjadi sarang tawon raksasa.

Tak sembarangan, tawon penghuni sarang raksasa di mobil tersebut terkenal dengan sengatannya yang menyakitkan.

Mereka terkenal dengan sebutan jaket kuning (yellowjackets), hewan yang biasa berkoloni hingga puluhan ribu ekor di dalam sarang raksasa.

Sebuah video milik channel YouTube bernama Stinger Creations memperlihatkan seorang pria profesional yang sedang menyurvei dan menghilangkan puluhan ribu tawon jaket kuning.

Seorang pembasmi serangga profesional bernama Jude dari Louisiana selatan, Amerika Serikat adalah seseorang yang ada di dalam video.

Ilustrasi sarang tawon jaket kuning raksasa. (YouTube/ Stinger Creations)
Ilustrasi sarang tawon jaket kuning raksasa. (YouTube/ Stinger Creations)

 

Pada akhir Juli 2019, ia dipanggil oleh mitra kerjanya untuk menghilangkan sarang tawon raksasa di dalam Chevrolet Malibu keluaran tahun 2000-an.

Dilansir dari Auto Blog, Jude membagikan 3 video terpisah yang berisi saat di mana ia menyurvei, mengusir, serta "berkomunikasi" dengan puluhan ribu jaket kuning.

Di dalam video, ia menunjukkan kursi bagian depan dan belakang telah dipenuhi oleh sarang tawon raksasa.

Menggunakan kamera GoPro yang terpasang di helm pelindungnya, rekaman video memperlihatkan puluhan ribu ekor tawon sedang beterbangan saat mereka usir.

Jaket kuning selatan, atau Vespula squamosa, adalah salah satu dari banyak tawon sosial bercorak hitam dan kuning yang umum di Amerika Utara.

Mereka tidak menghasilkan madu dan bersifat karnivora sehingga mereka juga memakan serangga lainnya.

Jaket kuning selatan biasanya juga sering ditemukan memakan bangkai hewan mati.

Mereka dianggap sebagai hama karena membangun sarang di daerah perkotaan.

Jude bahkan menjelaskan bahwa ia dapat mencium bau racun pheromonic yang biasanya mereka teteskan ketika terancam atau menarik perhatian kawanan lainnya.

Dalam sarang tawon jaket kuning normal, mereka memiliki paling banyak 4.000 hingga 5.000 serangga pekerja.

Biasanya semua serangga pekerja mati selama musim dingin, dan hanya tersisa puluhan ratu dengan belasan ribu sel keturunan.

Kadang-kadang, para serangga pekerja selamat dari musim dingin sehingga mereka dapat menciptakan sarang jaket kuning raksasa yang "abadi".

Sarang jaket kuning abadi dapat berisi banyak ratu dan ratusan ribu sarang pekerja.

"Kebanyakan pekerja yang saya hitung dalam sarang abadi adalah sekitar 15 ribu ekor atau sekitar 3 hingga 4 kali lebih banyak dari sarang normal," kata Charles Ray, peneliti dari Auburn University.

Bahkan peneliti pernah menemukan satu sarang di Carolina Selatan dengan jumlah lebih dari 250 ribu serangga pekerja.

Ketika menemui sarang tawon raksasa milik jaket kuning, respon yang paling tepat adalah menjauhinya dan segera menghubungi pembasmi serangga profesional karena jaket kuning mempunyai sengatan yang menyakitkan.

Berita Terkait