Sains

Setinggi 2 Meter, Tulang Paha Raksasa Ditemukan Ilmuwan

Tulang paha raksasa ini dipercaya berumur puluhan juta tahun.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi tulang raksasa yang ditemukan oleh ilmuwan. (YouTube/ Asiaville)
Ilustrasi tulang raksasa yang ditemukan oleh ilmuwan. (YouTube/ Asiaville)

Hitekno.com - Sekelompok ilmuwan berhasil menemukan tulang paha raksasa di sebuah situs palaentologi Angeac-Charente, Prancis.

Setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun, ilmuwan akhirnya berhasil menemukan sebuah peninggalan prasejarah yang dinilai sangat sempurna.

Biasanya, ilmuwan hanya akan menemukan fragmen atau potongan-potongan tulang makhluk purba yang sudah berumur puluhan juta tahun.

Namun tulang paha raksasa ini ditemukan dalam kondisi utuh dan sempurna.

Tulang tersebut diduga merupakan milik Sauropoda, subkelompok dinosaurus herbivora yang terkenal dengan leher panjang serta kaki empat raksasa.

Tulang yang ditemukan lebih besar jika dibandingkan dengan manusia. (YouTube/ Asiaville)
Tulang yang ditemukan lebih besar jika dibandingkan dengan manusia. (YouTube/ Asiaville)

 

Jean-François Tournepiche, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian menjelaskan bahwa tulang paha raksasa ini mempunyai tinggi hampir 2 meter dengan berat 500 kilogram.

"Femur (tulang paha) ini sangat besar! Dan dalam kondisi konservasi luar biasa. Ini sangat mengharukan," kata Jean-Francois dikutip dari media lokal Prancis, Le Parisien.

Tulang dinosaurus Sauropoda tersebut ditemukan di situs palaentologi yang diduga merupakan sebuah rawa kuno berusia 140 juta tahun.

Ilmuwan memperkirakan bahwa tulang ini bisa saja menjadi salah satu dinosaurus purba terbesar di dunia yang pernah ditemukan.

Situs palaentologi Angeac-Charente, Prancis. (YouTube/ Asiaville)
Situs palaentologi Angeac-Charente, Prancis. (YouTube/ Asiaville)

 

Sudah selama 10 tahun, puluhan ilmuwan bekerja di situs Angeac-Charente karena diyakini situs tersebut menyimpan banyak sekali tulang dinosaurus purba.

Lebih dari 7.500 tulang vertebrata dan 45 spesies berbeda telah diidentifikasi, seperti Stegosaurus atau kawanan dinosaurus burung unta.

Ilmuwan juga telah menemukan 66 ribu fragmen tulang dan tanaman purba yang tersimpan di dalam situs itu.

Dalam satu dekade, ilmuwan telah berhasil merekonstruksi lebih dari 50 persen Sauropoda berkat penemuan banyak fragmen yang ada.

Tulang paha raksasa akan diangkat dengan bantuan crane dan akan diteliti lebih lanjut oleh ilmuwan.

Dilansir dari IFLScience, Sauropoda pertama kali muncul pada periode Trias Akhir.

Beberapa genus dalam spesies ini sangat terkenal di film animasi termasuk Brachiosaurus, Diplodocus, Apatosaurus dan Brontosaurus.

Tulang paha raksasa akan direkonstruksi bersama fragmen lain yang telah ditemukan sebelumnya dan diharapkan akan menghasilkan seekor Sauropoda raksasa menakjubkan.

Berita Terkait