Sains

Cari Kehidupan di Luar Angkasa, NASA Lakukan 5 Hal Ini

Nomor 5 menjadi bukti nyata kehidupan di luar angkasa.

Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia

NASA. (The Weekly Standard)
NASA. (The Weekly Standard)

Hitekno.com - Hingga detik ini, banyak ilmuwan yang masih penasaran dengan keberadaan makhluk asing di luar Bumi. Banyak yang percaya jika ada kehidupan makhluk lain yang hidup selain manusia di Bumi.

Tidak semua percaya, beberapa merasa jika makhluk lain di luar Bumi hanyalah cerita fiktif dan khayalan yang dikonstruksi oleh beberapa orang yang memiliki wawasan luas. Beberapa kehidupan lain yang dipercaya ada di luar Bumi adalah alien dan UFO.

Untuk membuktikannya secara langsung, para peneliti yang ada di National Aeronautics and Space Administration (NASA) melakukan berbagai upaya untuk membuktikan keberadaan makhluk ini.

Tidak semuanya membuahkan hasil yang diinginkan, kerap kali NASA malah menemukan hasil usaha yang nihil. Namun, banyak juga yang percaya jika NASA dengan sengaja menyembunyikan hasil temuannya.

NASA hingga kini masih melakukan berbagai projek besar untuk menemukan kehidupan di luar angkasa ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Pesawat Kecil

Pesawat kecil. (NASA)
Pesawat kecil. (NASA)

NASA pernah menjalin kerja sama dengan beberapa tokoh astrofisikawan, Stephen Hawking dan Mark Zuckerberg mengenai proyek pesawat kecil ini.

Proyek ini sengaja dilakukan untuk mengirim pesawat robotika kecil yang mampu mencari peradaban makhluk luar angkasa.

Pesawat ini nantinya akan mereka seluruh keadaan yang ia temui dan langsung menginformasikan secara akurat ke NASA.

2. Pesawat Exomars

Exomars. (The New York Times)
Exomars. (The New York Times)

NASA juga pernah membuat proyek Pesawat Exomars yang diluncurkan pada tahun 2016 dengan menggunakan bantuan dari roket Proton.

Pesawat Exomars ini diluncurkan ke Planet Mars untuk mengelilingi planet ini secara intens untuk mengukur gas atmosfer yang ada di planet tersebut.

Pesawat ini juga mampu merekam seluruh pergerakan makhluk luar angkasa yang seandainya ia temui.

3. Teleskop Observatorium Arecibo

Teleskop Observatorium Arecibo. (Phys)
Teleskop Observatorium Arecibo. (Phys)

Untuk mendeteksi sinyal-sinyal keberadaan makhluk luar angkasa, NASA bekerja sama dengan tim Observatorium Arecibo untuk mendeteksi kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Dengan menggunakan teleskop ultra, para peneliti mampu mendeteksi keberadaan alien dengan cara mengirimkan pesan ke luar angkasa untuk menerima tanggapan dari signal luar angkasa.

4. Rekaman piringan emas Voyager

Piringan emas Voyager. (redef)
Piringan emas Voyager. (redef)

NASA juga pernah merilis isi suara yang ada dalam rekaman piringan emas Voyager pada misi penerbangan Voyager 1 dan Voyager 2 pada tahun 1977 silam.

Piringan emas Voyager ini berisi gambar dan suara terpilih yang memperlihatkan beragam makhluk di Bumi.

Rekaman ini dibuat agar manusia dan alien di masa depan dapat menemukannya untuk mengetahui asal kehidupan di Bumi.

5. Meneliti meteroit

Meneliti meteorit. (Cosmic Ancestry)
Meneliti meteorit. (Cosmic Ancestry)

Setidaknya, ada lebih dari 22.000 meteorit yang pernah ditemukan di Bumi. Meteorit ini berisi komponen organik di dalamnya.

Pada tahun 1996, beberapa ilmuwan menemukan bukti kuat mengenai mikrofosil yang terdapat pada meteorit Mars yang jatuh di wilayah Antartika.

Hasilnya, mereka menduga bahwa pada 3,6 miliar tahun yang lalu pernah ada kehidupan di Planet Mars.

Seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak usaha yang dilakukan NASA untuk menemukan kehidupan di luar angkasa. Kita nantikan ya.

Berita Terkait