Sains

Ada Penampakan Naga di Luar Angkasa, Ini Kata Ilmuwan

Wah naganya hidup nggak ya?

Rauhanda Riyantama | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi naga di luar angkasa. (DevianArt)
Ilustrasi naga di luar angkasa. (DevianArt)

Hitekno.com - Teleskop Hubble merupakan sebuah teleskop luar angkasa canggih yang mempunyai misi memetakan galaksi terbesar. Namun baru-baru ini terdapat penampakan naga ketika teleskop Hubble menangkap gambar galaksi.

Penampakan naga itu terbentuk dari ''sesuatu'' di luar angkasa yang berbentuk seperti cahaya yang melengkung sehingga nampak seperti naga.

Jika kamu pernah melihat gambar dari Hubble Deep Field, gambar yang menampilkan penampakan naga mempunyai teknologi yang hampir sama dengan gambar yang dihasilkan teleskop tersebut.

Hubble Deep Field merupakan sebuah teleskop khusus yang akan fokus mengamati suatu titik gelap di angkasa sehingga ilmuwan dapat mengamati wilayah kecil tersebut.

Dikutip dari Gizmodo, ilmuwan baru saja melakukan misi survei untuk memperluas pengamatan pada objek-objek yang tertangkap sebelumnya di Hubble Deep Field.

Citra Naga di misi BUFFALO. (BUFFALO/ NASA)
Citra Naga di misi BUFFALO. (BUFFALO/ NASA)

 

Mereka menamakan survei tersebut dengan misi Ultra Frontier Fields and Legacy Observations (BUFFALO).

"Kami akan mendapatkan gambar resolusi super tinggi dengan Hubble dari gugus galaksi ini, yang akan memungkinkan kita untuk lebih memahami galaksi pertama," kata Mathilde Jauzac seorang peneliti galaksi dan seorang ilmuwan di Durham University .

BUFFALO berencana menggunakan 160 jam waktu pengamatan Hubble untuk menggandakan ukuran peta sebanyak enam galaksi yang awalnya dicitrakan selama pengamatan Hubble Frontier Fields.

Pada dasarnya, mereka memperbarui data yang dikumpulkan sebelumnya untuk menentukan seberapa banyak dan seberapa jauh galaksi tersebut.

Pengamatan akan mengungkapkan beberapa galaksi tertua dengan umur miliaran tahun.

Misi observasi akan memanfaatkan fenomena yang dikenal sebagai lensa gravitasi. Gravitasi melengkungkan bentuk ruang waktu mereka sendiri, oleh karena itu cahaya akan membelok di ruang angkasa yang sangat luas.

Cahaya itu tampak seperti dibelokkan sehingga membentuk citra khusus.

Abel 370. (BUFFALO/ NASA)
Abel 370. (BUFFALO/ NASA)

 

Ini berarti bahwa benda-benda yang sangat berat di luar angksa (seperti kumpulan galaksi) akan bertindak seperti lensa. Mereka dapat menghasilkan gambar objek yang diperbesar dan tampak melengkung.

Penampakan Naga sebenarnya hanya citra khusus yang ditimbulkan dalam misi BUFFALO.

Gambar Naga sebenarnya adalah lima gambar terpisah dari galaksi yang sama dan dibengkokan oleh gugus Abell 370.

Jauzac menjelaskan bahwa penampakan itu adalah contoh pertama dari lensa gravitasi yang dibentuk oleh kumpulan galaksi yang pernah diamati.

Gambar pertama yang menampilkan penampakan naga itu sangat penting bagi ilmuwan karena itu akan membantu telskop James Webb untuk meneruskan misinya.

Berita Terkait