Sains

Cina Ciptakan Senjata Ak-47 dengan Peluru Laser

AK-47 laser bisa menembakkan lebih dari 1.000 tembakan dengan masing-masing tembakan bertahan selama dua detik.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Sumber Chengdu Hengan Equipment
Sumber: Sumber Chengdu Hengan Equipment

Hitekno.com - Cina melakukan gebrakan dalam bidang teknologi persenjataan. Senjata laser yang pernah kita lihat di dalam film fiksi ilmiah akan menjadi kenyataan. Berdasarkan laporan terbaru, Cina telah mengembangkan senjata "laser AK-47" yang mempu menembak dan membakar target dari rentang hampir satu kilometer jauhnya.

Senjata ini mempunyai kaliber 15 mm dan berbobot sekitar tiga kilogram yang membuatnya nampak mirip dengan senjata AK-47 konvensional. Senjata ini juga bisa dipasang di mobil, kapal, dan pesawat. AK-47 laser bisa menembakkan lebih dari 1.000 tembakan dengan masing-masing tembakan bertahan selama dua detik.

Sumber: Yahoo News Singapore
Sumber: Yahoo News Singapore

Dilansir dari Business Insider, senjata ini siap untuk diproduksi secara massal. Unit pertama yang akan menerima AK-47 laser kemungkinan adalah pasukan anti-terorisme di Kepolisian Bersenjata Cina dan juga divisi operasi militer rahasia.

Senapan serbu laser ZKZM-500 digolongkan sebagai "tidak mematikan" tetapi menghasilkan sinar energi yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang dan dapat melewati jendela sehingga menyebabkan "karbonisasi instan" pada kulit dan jaringan manusia.

Seorang ilmuwan yang juga peneliti dalam proyek tersebut menyatakan perangkat baru itu mampu membakar pakaian dalam sekejap. Jika kain yang digunakan oleh seorang tersebut mudah terbakar, maka seluruh badan orang itu juga dapat ikut terbakar.

Sumber: Xinhua
Sumber: Xinhua

Senjata laser ini cukup berguna dalam situasi penyanderaan. Peluru lasernya dapat digunakan untuk menembus jendela tanpa terlihat sehingga dapat melumpuhkan penyandera. Setelah itu unit lain akan masuk untuk menyelamatkan tawanan.

Selain itu senjata ini diklaim menghasilkan sinar yang cukup kuat untuk membakar tangki bensin dalam jangkauan lebih dari 500 meter. Ini bisa dimanfaatkan untuk meledakkan fasilitas penyimpanan bahan bakar di bandara militer lawan.

Berita Terkait