Sains

Angkatan Laut AS Sukses Uji Coba Senjata Laser Perontok Drone, Ngeri!

Senjata laser baru Angkatan Laut AS itu berkekuatan 150 kilowatt.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Laser. (Pixabay)
Ilustrasi Laser. (Pixabay)

Hitekno.com - Militer Amerika Serikat (AS) termasuk salah satu yang terus mengembangkan teknologi. Termasuk Angkatan laut AS yang menyiapkan senjata laser.

Bahkan angkatan laut AS mengklaim bahwa salah satu kapal perangnya berhasil menguji sistem senjata laser energi tinggi yang bisa membuat pesawat tempur nirawak alias drone rontok di udara.

Pekan ini angkatan laut AS ini melucurkan beberapa foto sinar laser melesat dari kapal perang USS Portland dan sebuah drone terbakar di udara.

Uji coba senjata laser tersebut dikabarkan telah digelar pada 16 Mei 2020 lalu di dekat Pearl Harbour, Hawaii.

Sayang dalam foto-fotonya Angkatan Laut AS tidak menunjukkan bentuk senjata bernama Laser Weapon System Demonstrator (LWSD) tersebut.

Ilustrasi drone. (Pixabay
Ilustrasi drone. (Pixabay)

 

Tetapi diduga bahwa senjata laser angkatan laut AS di kapal Armada Pasifik itu memiliki kekuatan 150 kilowatt.

"Dengan kemampuan canggih terbaru ini, kami mendefenisikan kembali perang di lautan bagi Angkatan Laut," kata Karrey Sanders, Komandan Kapal USS Portland seperti dilansir Newsweek.

"Kami membuka jalan bagi sistem persenjataan masa depan," imbuh dia.

Angkatan Laut AS mengklaim mereka telah mengembangkan sistem senjata energi terarah, termasuk laser, sejak 1960.

Teknologi itu mengubah energi kimia atau listrik menjadi energi cahaya yang bisa fokus pada target sehingga sangat efektif.

Sebelumnya angkatan laut AS pernah memasang senjata laser berkekuatan 30 kilowatt pada kapal perang USS Ponce selama 2014 - 2017.

Dalam uji coba, senjata laser angkatan laut AS itu juga berhasil menembak drone dan perahu cepat. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait