Sains

Terekam Petir Terpanjang di Dunia, Setara Jarak Jakarta-Surabaya

Petir terpanjang di dunia ini mencapati 768 kilometer.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi petir dan listrik. (Pixabay)
Ilustrasi petir dan listrik. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebuah petir terekam dengan panjang yang tak tanggung-tanggung. Bahkan menurut ilmuwan, menjadi petir terpanjang di dunia yang pernah terekam.

Petir terpanjang di dunia ini membentang di atas tiga negara bagian di Amerika Serikat, direkam oleh para ilmuwan seperti dikatakan lembaga cuaca Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa (1/2/2022).

Petir terpanjang yang disebut sebagai megaflash itu membentang sejauh 768 kilometer, di antara awan-awan di atas Texas sampai Mississippi pada April 2020 silam. Ini hampir setara dengan jarak Jakarta - Surabaya jika ditempuh lewat tol.

Para ilmuwan berhasil merekam petir itu menggunakan teknologi satelit. Ia mengalahkan rekor sebelumnya, sebuah petir yang bentangannya mencapai 709 kilometer dan direkam pada 31 Oktober 2018 di Brasil selatan.

"Jika menggunakan pesawat terbang, panjang petir itu bisa ditempuh dalam dua jam. Sementara petir ini hanya butuh beberapa detik saja," kata juru bicara Organisasi Meteorologi Dunia, yang berada di bawah PBB, Clare Nullis seperti dilansir dari Suara.com.

Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)
Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)

Selain itu, para ilmuwan juga berhasil merekam petir terlama pada Juni 2020 yang terjadi di atas Uruguai dan Argentina. Petir itu berlangsung selama 17,1 detik.

Nullis mengatakan meski dua petir super ini tidak sampai menyambar ke tanah, ini mengingatkan kita untuk tetap mewaspadai fenomena alam yang membunuh ratusan orang setiap tahun.

"Kami menegaskan, ketika Anda melihat petir dan mendengar suara menggelegar, langsung masuk ke dalam ruangan. Jangan berlindung di pondok di tepi pantai atau berdiri di bawah pohon," tegas Nullis.

Itulah petir terpanjang di dunia yang pernah terekam hingga disebut megaflash. Panajnganya sampai 768 kilometer. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait