Sains

Hasil Penelitian: Bulan Purnama Ternyata Pengaruhi Kualitas Tidur

Apakah saat Bulan Purnama Salju kemarin kamu cukup tidur?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Bulan purnama langka di tahun 2017. (NASA)
Ilustrasi Bulan purnama langka di tahun 2017. (NASA)

Hitekno.com - Saat terjadi Bulan Purnama Salju atau Snow Moon kemarin, apakah kamu merasa bisa tidur nyenak? Jika tidak, tenang kamu tidaklah sendirian.

Ternyata, kemunculan fenomena langit Bulan Purnama ikut berdampak pada kualitas tidur. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan tiga universitas, didapati kalau adanya pengaruh Bulan Purnama pada kurangnya frekuensi tidur.

Termuat dalam laporan dari Philadelphia Inquirer's Anthony R. Wood, menemukan bahwa waktu tidur berkurang 46 hingga 58 menit.

Data ini dibandingkan dengan tidur biasa pada malam-malam yang datang tepat sebelum Bulan Purnama.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang mengalami osilasi dalam 29,5 hari siklus bulan mereka.

Mereka juga mengatakan bahwa terutama pada periode mendekati Bulan Purnama, seseorang yang biasa tidur lebih cepat akan memilih lebih larut.

Ilustrasi tidur. (Pixabay/DieterRobbins)
Ilustrasi tidur. (Pixabay/DieterRobbins)

 

Sebagaimana melansir laman Wionews, Minggu (28/2/2021), pola tidur dan durasi tidur tergantung pada lokasi, kata Horacio de la Iglesia, seorang profesor Biologi dari University of Washington.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa apakah seseorang tinggal di daerah pedesaan atau perkotaan juga berdampak pada tidurnya.

Dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Washington, Universitas Yale, dan Universitas Nasional Quilmes Argentina, penelitian ini melibatkan 98 orang dari Formosa, sebuah provinsi di Argentina dan 464 mahasiswa dari Seattle.

Data siklus tidur dari satu hingga dua siklus bulan diekstraksi.

Studi tersebut mencatat bahwa tiga komunitas yang terlibat dalam penelitian kurang tidur selama tiga hingga lima hari sebelum Bulan Purnama tiba, UW News melaporkan.

Itu menunjukkan bahwa partisipan tidur paling sedikit pada malam-malam sebelum Bulan Purnama.

Itulah hasil penelitian baru yang mendapati adanya kaitan Bulan Purnama dengan frekuensi dan kualitas tidur seseorang. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait