Sains

NASA Tunda Peluncuran Robot Baru Penjelajah Mars, Ini Alasannya

Sebuah rover atau robot bernama Perseverance akan dikirim ke Mars. Hanya mesti bersabar karena alasan ini.

Agung Pratnyawan

Logo NASA. (NASA)
Logo NASA. (NASA)

Hitekno.com - Tak hanya peluncuran Teleskop James Webb Space, NASA juga undur rencana pengiriman robot baru penjelajah Mars yang disebut Perseverance. Kenapa?

Awalnya NASA menjadwalkan peluncuran robot baru penjelajah Mars Perseverance ini pada 17 Juli 2020. 

Namun, peluncuran diundur hingga 20 Juli karena diperlukannya waktu tambahan untuk memperbaiki masalah dengan peralatan sistem tanah.

Menurut Tory Bruno, CEO United Lauch Alliance yang menyediakan roket Atlas V untuk mengirim Perseverance dalam perjalanan ke Mars, masalah ini melibatkan mesin derek yang rusak.

"Mesin derek sekarang sudah diperbaiki. Roket baik-baik saja," tulis Tory Bruno melalui akun Twitter miliknya ketika menanggapi pertanyaan salah satu follower yang bertanya tentang penyebab keterlambatan peluncuran.

Dilansir dari Space.com pada Jumat (12/6/2020), robot beroda enam itu akan mendarat di dalam Kawah Jezero selebar 45 km pada 18 Februari 2020 di Mars. Penjelajah akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Jezero.

Kawah itu dilaporkan menampung sebuah danau dan delta sungai miliaran tahun yang lalu.

Perseverance, satu unit rover yang akan digendong roket Atlas V dan bertujuan berkeliling mengambil sampel di Planet Mars [NASA/JPL-Caltech].
Perseverance, satu unit rover yang akan digendong roket Atlas V dan bertujuan berkeliling mengambil sampel di Planet Mars [NASA/JPL-Caltech].

 

Perseverance sendiri merupakan inti dari misi Mars 2020 milik NASA. Robot penjelajah ini juga akan melakukan sejumlah tugas lainnya.

Sebagai contoh, salah satu instrumen robot akan menghasilkan oksigen dari atmosfer yang didominasi karbon dioksida Mars. Teknologi yang telah ditingkatkan ini dapat membantu eksplorasi manusia di Mars.

Penjelajah juga dibekali helikopter pengintai kecil bernama Ingenuity. Helikopter ini akan melakukan eksplorasi udara yang dapat memainkan peran besar dalam misi Mars di masa depan.

Misi terpenting Perseverance juga termasuk mengumpulkan dan menyimpan lusinan sampel Mars untuk dibawa kembali ke Bumi.

NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) bekerja sama pada rencana pengambilan sampel, yang diprediksi akan tiba di Bumi awal 2013.

Sampel ini akan dianalisis dalam kaitan mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu serta petunjuk lainnya tentang sejarah dan evolusi Planet Merah.

Itulah pengumuman NASA yang menunda penundaan peluncuran penjelajah Mars Perseverance. Untuk cuma beberapa hari saja ditundanya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait