Sains

Mantan Astronot Perempuan NASA Ini Kembali Cetak Rekor Dunia

Perempuan paruh baya itu kembali mengukir rekor karena berhasil menyelam ke titik terdalam bumi, Challenger Deep.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi astronot. (unsplash/NASA)
Ilustrasi astronot. (unsplash/NASA)

Hitekno.com - Kathy Sullivan, astronot perempuan NASA ini mencatatkan rekor sebagai wanita pertama yang melakukan space walk pada 1984 silam. Namun kini ia kembali memecahkan rekor dunia.

Bukan lagi ke luar angkasa, mantan astronot perempuan NASA ini kini memecahkan rekor dunia dalam menyelam di kedalaman Bumi.

Selepas menanggalkan statusnya sebagai astronot NASA, perempuan paruh baya itu kembali mengukir rekor karena berhasil menyelam ke titik terdalam bumi, Challenger Deep.

Hingga saat ini, sudah ada delapan orang yang bisa mencapai Challenger Deep, tapi Sullivan menjadi satu-satunya wanita yang berhasil menyelam ke titik terdalam Bumi itu.

Ketika melalukan eskpedisi, Sullivan ditemani mantan marinir AS, Victor Vescovo. Untuk menuju Challenger Deep, ia diantar kapal selam Limited Factor hingga kedalaman 10,8 km di Samudera Atlantik.

Mantan astronot NASA, Kathy Sullivan. [NASA]
Mantan astronot NASA, Kathy Sullivan. [NASA]

 

"Sebagai hybrid oceanographer dan astronot, ini adalah hari yang terjadi hanya satu kali seumur hidup," terang Sullivan, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (10/6/2020).

Untuk menyelam di Challenger Deep, Sullivan dihadapkan pada situasi sulit. Pasalnya, ia harus mempertahankan posisi dengan tekanan setara 100 gajah berdiri di atas kepala orang.

Sementara menurut catatan sejarah, orang pertama yang berhasil mencapai Challenger Deep adalah oceanographer Swiss, Jacques Piccard dan tentara Amerika Don Walsh. Keduanya melakukan penyelaman pada 1960.

Selain itu, James Cameron juga sempat mendatangi Challenger Deep, tapi tanpa menyelam. Pada 2012, sutradara Titanic itu berwisata dengan menumpangi kapal selam Deepsea Challenger.

Meski begitu, pencapaian Kathy Sullivan terasa lebih istimewa. Pasalnya, ia sanggup menyelam di titik terdalam di Bumi di usianya yang sudah mencapai 68 tahun.

Itulah pencapaian baru Kathy Sullivan, mantan astronot perempuan NASA yang kini memegang rekor dunia dalam mencapai titik terdalam Bumi. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait