Sains

Sukses Capai Orbit, Astronot NASA Bagikan Seperti Apa Isi Crew Dragon

Dua astronot NASA ini menamai kapsul Crew Dragon sebagai Endeavour.

Agung Pratnyawan

Astronot NASA di dalam Crew Dragon. (NASA)
Astronot NASA di dalam Crew Dragon. (NASA)

Hitekno.com - SpaceX akhirnya sukses membawa dua astronot badan antariksa Amerika Serikat (NASA) ke orbit. Dua astronot NASA ini sukses mencapai orbit dengan kapsul Crew Dragon.

Peluncuran ini sukses dilaksanakan oleh SpaceX dengan menggunakan Falcon 9 dari pangkalan antariksa di Florida, AS pada Sabtu (30/5/2020) waktu setempat atau 31 Mei dini hari waktu Indonesia.

Kedua astronot NASA ini adalah Doug Hurley dan Bob Behnken. Keduanya dilaporkan sukses mencapai orbit dari peluncuran Falcon 9 milik SpaceX.

Setelah terpisah dari Falcon 9, kapsul Crew Dragon melanjutkan perjalanannya di orbit untuk menuju stasiun luar angkasa (ISS).

Saat dalam perjalanan, kedua astronot NASA ini beberapa kali berkomonukasi dengan pusat kendali menceritakan kondisi mereka.

Astronot NASA di dalam Crew Dragon. (NASA)
Astronot NASA di dalam Crew Dragon. (NASA)

 

Termasuk membagikan seperti apa isi dari kapsul Crew Dragon yang mereka tumpangi ini. Seperti apa kendali dalam pesawat luar angkasa ini.

NASA melalui akun media sosialnya membagikan seperti apa dua astronot NASA ini mengenalkan isi dari kapsul Crew Dragon tersebut.

Namun sebelumnya, Doug Hurley dan Bob Behnken sempat memberikan nama pada kapsul Crew Dragon yang diluncurkan dengan falcon 9 milik SpaceX ini.

Seperti tradisi NASA, pada crew akan memberikan nama pada kendaraan mereka. dan keduanya memberikan nama kapsul Crew Dragon ini adalah Endeavour.

Astronot NASA di dalam Crew Dragon. (NASA)
Astronot NASA di dalam Crew Dragon. (NASA)

 

Tak hanya itu, astonor Bob Behnken mendemostrasikan seperti apa kondisi tanpa gravitasi di dalam kapsul Endeavour tersebut.

Lalu Doug Hurley memberikan seperti apa view di luar dari kapal yang mereka naiki. Sayang view tersebut agak gelap karena memang sudah malam.

Seperti apa kondisi dua astronot NASA ini? Simak video dari NASA berikut ini dari dalam kapsul Crew Dragon tersebut.

Penerbangan hari ini adalah terobosan baru. Teknologi kapsul layar sentuh empat kursi Dragon adalah pesawat ruang angkasa abad ke-21 yang memiliki sedikit kemiripan dengan kapsul Apollo, yang sebagian besar mekanis pada 1960-an dan armada pengangkut pesawat ulang-alik NASA di angkasa.

Peluncuran ini adalah tonggak sejarah lain bagi SpaceX, perusahaan Elon Musk, yang telah mengangkut kargo ke ISS di atas pesawat ruang angkasa tanpa awak.

Salah satu dari dua kontraktor di bawah program kru komersial NASA 6,2 miliar dolar AS, SpaceX mencuri pijakan pada Boeing dengan menyelesaikan tes aborsi yang tidak dilakukan pada bulan Januari.

Selanjutnya kapsul Endeavour ini akan melanjutkan perjalanan membawa dua astronot NASA menuju stasiun luar angkasa untuk menjalani misi di sana.

Berita Terkait