Sains

Dikaitkan dengan Alien, Ilmuwan Ungkap Kisah Baru Asteroid Oumuamua

Yang paling santer, asteroid Oumuamua sering kali disebut merupakan pesawat pengantar pesan alien.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)
Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

Hitekno.com - Ditemukan pertama kali pada tahun 2017, asteroid Oumuamua kerap kali dikaitkan dengan alien. Selang berapa waktu kemudian, ilmuwan mengungkap kisah baru asteroid Oumuamua ini.

Asteroid Oumuamua pada dasarnya memiliki bentuk yang unik yang mirip dengan cerutu. Fakta menarik mengenai asteroid Oumuamua adalah bahwa benda luar angkasa ini tidak berasal dari Tata Surya melainkan dari pengunjung antarbintang.

Mengutip Livescience.com, asteroid Oumuamua diketahui bergerak menjauh dari Matahari dengan gerakan yang sangat cepat. Hal ini membuat berbagai teori baru terkait asteroid Oumuamua kembali bermunculan.

Yang paling santer, asteroid Oumuamua sering kali disebut merupakan pesawat pengantar pesan alien. Meninggalkan rumor lama ini, ilmuwan baru saja mengungkap kisah baru asteroid Oumuamua yang diklaim cukup kelam.

Jika asteroid pada umumnya memiliki bentuk padat layaknya kentang, asteroid Oumuamua dengan panjang 400 meter ini cenderung sangat tipis dan dapat terkikis habis oleh bintang. Suatu hari nanti asteroid Oumuamua dapat terhempas dari Tata Surya.

Simulasi asteroid Oumuamua. ( ZHANG Yun/ESO/ M. Kornmesser)
Simulasi asteroid Oumuamua. ( ZHANG Yun/ESO/ M. Kornmesser)

 

Dengan teori ini, ilmuwan menduga bahwa asteroid Oumuamua secara keseluruhan memiliki wujud yang jauh lebih besar namun telah terkikis oleh bintang karena bentuknya yang tipis.

Terpecah belah, ilmuwan menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi proses tarik-menarik antara gravitas bintang yang melawan gravitasi asteroid. Hal ini yang lalu membuat serpihan batuan luar angkasa ini terhempas jauh ke dalam kosmos.

Kesimpulan dari teori ini, bisa saja ada banyak pecahan asteroid Oumuamua yang terdapat di galaksi lainnya. Hal ini membuka fakta bahwa banyak asteroid lain yang bernasib sama di antariksa.

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)
Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

 

Cukup kelam, perlu penelitian lebih dalam mengenai asteroid Oumuamua ini. Salah satu yang hingga kini ditelusuri para ilmuwan adalah mengenai alasan asteroid Oumuamua menjauh dari Matahari dengan cepat.

Hingga kini, asteroid Oumuamua masih dalam pemantauan tim ilmuwan untuk ke depannya dapat mengungkap fakta lainnya mengenai asteroid Oumuamua yang kini terombang ambing sendiri di galaksi kita.

Berita Terkait