Sains

Yuk Ikutan, Teleskop Hubble Tampilkan Apa di Hari Ulang Tahunmu?

Nasa merayakan 30 tahun misi Hubble secara online.

Dinar Surya Oktarini

Teleskop Hubble. (NASA)
Teleskop Hubble. (NASA)

Hitekno.com - Sejak diluncurkan pada tahun 1990, teleskop luar angkasa Hubble milik NASA telah menjelajahi alam semesta. Selama misi menjalankan 30 tahun tersebut,  Hubbule memberikan ribuan gambar ikonik luar angkasa.

Untuk merayakan 30 tahun misi Hubble, NASA sebelumnya telah merencanakan beberapa acara, tetapi terpaksa harus dibatalkan karena pandemi virus Corona (COVID-19). Namun, badan antariksa itu akan tetap merayakan tonggak sejarah secara online.

Salah satu proyek perayaan yang telah diluncurkan adalah sebuah situs web. Siapa pun dapat memasukkan tanggal dan bulan ulang tahunnya untuk melihat gambar yang diambil Hubble pada hari ulang tahun orang tersebut.

Teleskop ini mengawasi kosmos siang dan malam, setiap hari sepanjang tahun. Namun, tak menutup kemungkinan foto yang ditampilkan Hubble pada hari ulang tahun akan berupa sesuatu yang ikonik atau revolusioner, seperti Monkey Head Nebula, Eagle Nebula Pillars, atau bahkan Jupiter.

Untuk mengetahui apa yang Hubble lihat pada hari ulang tahun setiap orang, situs tersebut dapat diakses melalui alamat https://www.nasa.gov/content/goddard/what-did-hubble-see-on-your-birthday

Perayaan 30 tahun Hubble milik Nasa. [Nasa]
Perayaan 30 tahun Hubble milik Nasa. [Nasa]

Dalam situs itu, pengunjung dapat memasukkan bulan dan tahun kelahiran lalu menekan tombol Submit berwarna merah. Situs akan menampilkan foto yang ditangkap Hubble pada bulan dan tanggal yang telah dimasukkan sebelumnya dan penjelasan mengenai foto alam semesta itu.

Untuk merayakan misi 30 tahun Hubble, NASA juga meminta membagikan hasilnya di media sosial menggunakan tagar #Hubble30.

Teleskop luar angkasa Hubble sendiri diambil dari nama ilmuwan Amerika, Edwin Hubble, yang juga merupakan penemu hukum Hubble. Memiliki ketebalan mencapai 13,1 meter dengan diameter 4,27 meter dan berat 11 ribu kilogram, ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah.

Logo NASA. [Shutterstock]
Logo NASA. [Shutterstock]

Hingga saat ini, Hubble sangat banyak membantu para ilmuwan. Teleskop ini juga berjasa menemukan Eris, sebuah planet katai beserta satelitnya yang bernama Dysnomia.

Hubble juga banyak mengirim data dan gambar tentang kejadian di luar angkasa, seperti supernova, lahirnya bintang, dan tabrakan bintang.

Di masa depan, teleskop ini disebut akan digantikan dengan James Webb Space Telescope (JWST) milik NASA yang dijadwalkan untuk meluncur pada Maret 2021.(Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait