Sains

Populasinya Mulai Menurun, Lobster Jumbo Ini Jadi Perhatian Ilmuwan

Lobster jumbo ini dapat tumbuh hingga 60 sentimeter!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Lobster jumbo hasil tangkapan ilmuwan. (Facebook/ Dr Scott Ling)
Lobster jumbo hasil tangkapan ilmuwan. (Facebook/ Dr Scott Ling)

Hitekno.com - Kita sering menemui lobster yang dikonsumsi dengan ukuran 20 hingga 30 sentimeter. Berbeda dengan lobster lainnya, lobster batu selatan bisa mencapai ukuran hingga 60 sentimeter sehingga sering dijuluki sebagai big southern rock lobster (lobster batu selatan besar) atau lobster jumbo.

Seorang ilmuwan dari Institute for Marine and Antarctic Studies bernama Dr. Scott Ling memamerkan lobster jumbo hasil tangkapannya.

Hewan tangkapannya merupakan spesies lobster dengan nama ilmiah Jasus edwardsii.

Ilmuwan yang juga seorang dosen senior di University of Tasmania (UTAS) menjelaskan bahwa panjang karapas (cangkang keras pada punggung) lobster jumbo tangkapannya mencapai 20,6 sentimeter.

Ketika mencapai ukuran dewasa, lobster batu selatan dapat memiliki karapas hingga 23 sentimeter dan seringkali dapat tumbuh dengan berat melebih 8 kilogram.

Lobster jumbo hasil tangkapan ilmuwan. (Facebook/ Dr Scott Ling)
Lobster jumbo hasil tangkapan ilmuwan. (Facebook/ Dr Scott Ling)

 

Total panjang maksimum pada lobster batu selatan bisa mencapai 60 sentimeter sementara spesies betina dapat mencapai 43 sentimeter.

Dikutip dari Wikipedia yang bersumber pada jurnal berjudul "Annotated checklist of New Zealand Decapoda (Arthropoda: Crustacea)", Jasus edwardsii dapat ditemukan di sebagian besar perairan lepas pantai Selandia Baru, termasuk Three Kings Islands, Chatham Islands, Snares Islands, Bounty Islands, Antipodes Islands dan the Auckland Islands.

Dalam postingan Facebook-nya, meski belum sampai ke tahap terancam, Dr. Scott Ling menjelaskan bahwa jumlah lobster jumbo ini mulai menurun.

Padahal lobster tersebut sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekositem di laut sekitar Selandia Baru.

Selaku predator utama, lobster jumbo tersebut dapat menjaga populasi landak laut yang kini makin melimpah.

Penamapakan spesies lobster Jasus edwardsii dilihat dari bawah. (Facebook/ Dr Scott Ling)
Penamapakan spesies lobster Jasus edwardsii dilihat dari bawah. (Facebook/ Dr Scott Ling)

 

Penangkapan ikan yang terlampau masif oleh nelayan membuat populasi lobster jumbo ini semakin menurun.

Dr. Scott Ling mengungkapkan bahwa lobster tangkapannya termasuk sangat besar jika dibandingkan lobster lainnya karena hewan itu berada pada perairan steril khusus penelitian.

Karena berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem dan keberadaannya mulai menurun, lobster jumbo ini menjadi perhatian oleh ilmuwan.

Lobster jumbo tersebut akan dikembangbiakkan oleh ilmuwan di tempat khusus sehingga keberadaan lobster dengan ukuran besar tetap terjaga untuk mengendalikan kelimpahan landak laut.

Berita Terkait