Sains

Diam-diam, Israel Kirim Ribuan Ekor Beruang Air ke Bulan

Ribuan beruang air atau tardigrada, salah satu mahluk hidup paling tangguh di Bumi, diyakini masih hidup di permukaan Bulan.

Agung Pratnyawan

Robot Israel yang mendarat di Bulan. (spaceil)
Robot Israel yang mendarat di Bulan. (spaceil)

Hitekno.com - Israel sempat mengirimkan sebuah wahana luar angkasa ke Bulan. Sayangnya wahana Beresheet ini hancur karena gagal mendarat di Bulan pada 11 April 2019 lalu.

Sejak itu, Israel menyimpan rapat-rapat sebuah rahasia dari wahana luar Angkasa Beresheet. Yang ternyata dalam wahana tersebut, diam-daiam Israel membawa ribuan ekor beruang air atau tardigrada.

Nova Spivack, pendiri Arch Mission Foundation mengatakan pihaknya yang mengirim ribuan ekor tardigrada di dalam Beresheet.

Ia yakin saat ini ribuan ekor tardigrada atau beruang air itu masih hidup di permukaan Bulan, meski wahana yang membawanya hancur lebur.

"Selama 24 jam kami terkejut. Kami tadinya berharap bahwa misi ini akan sukses," kata Spivack kepada Wired seperti dikutip Newsweek.

Akan tetapi, imbuh dia, setelah menganalisis pola lintasan dan komposisi wadah yang digunakan untuk membawa tardigrada, mereka sangat yakin muatan yang diangkut Beresheet itu selamat dari kehancuran.

"Ironisnya, paket kami sepertinya menjadi satu-satunya barang yang selamat dalam misi tersebut," lanjut dia.

Sebuah ilustrasi visual dari beruang air atau tardigrada. (Shutterstock)
Sebuah ilustrasi visual dari beruang air atau tardigrada. (Shutterstock)

 

Ribuan ekor tardigrada atau beruang air itu dimasukkan dalam satu paket bersama DNA-DNA manusia dan informasi tentang peradaban manusia setebal 30 juta halaman untuk disimpan di permukaan Bulan.

Tardigrada dikenal sebagai salah satu mahluk paling tangguh di Bumi. Ia mampu bertahan hidup dalam kondisi sangat ekstrem dan diyakini akan bisa hidup meski Bumi mengalami kiamat total.

Tardigrada berukuran sangat kecil. Panjangnya sekitar 0,012 sampai 0,020 inci, tetapi ia mampu bertahan hidup di suhu 151 derajat Celcius dan dalam kondisi beku - dalam sebuah penelitian seekor tardigrada bisa hidup kembali setelah dibekukan selama 30 tahun.

Disebutkan kalau Tardigrada juga bisa hidup tanpa air selama 10 tahun.

Arch Mission Foundation sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk menyalin ilmu pengetahuan serta sejarah manusia di Bumi, memperbanyaknya, dan menyebarkannya ke segala penjuru tata surya kita. 

Itulah rahasia Israel yang diam-diam membawa ribuan beruang air ke Bulan. Beruntung rahasia ini terbongkar setelah disembunyikan rapat-rapat. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait