Sains

Serem Banget, Anjing Ini Punya Dua Mulut dan Satu Telinga

Toad merupakan anjing malang yang membutuhkan perawatan ekstra khusus.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Toad, anjing yang mempuyai dua mulut. (Facebook/ Mutt Misfits Animal Rescue Society)
Toad, anjing yang mempuyai dua mulut. (Facebook/ Mutt Misfits Animal Rescue Society)

Hitekno.com - Salah satu organisasi penyelamat hewan berkebutuhan khusus dikagetkan dengan adanya anjing malang yang tersesat. Anjing yang akhirnya dinamakan dengan Toad ini memang sangat berbeda karena memiliki 2 mulut.

Toad adalah anjing berusia lima tahun dan mengalami kelainan yang sangat langka. Anjing lainnya biasanya memiliki satu mulut dan dua telinga.

Namun hewan yang satu ini sangat berbeda, ia mempunyai 2 mulut dan satu telinga. Toad merupakan anjing malang milik Heather Hernandez, pendiri Mutt Misfits.

Hernandez adalah pendiri organisasi penyelamat hewan berkebutuhan khusus yang ada di Oklahoma City, Amerika Serikat.

Awalnya Toad adalah anjing yang tersesat di jalan dan ditemukan oleh Hernandez. Ia mengira Toad memiliki kelainan dan beranggapan bahwa anjing itu memiliki telinga ekstra.

Setelah dibius oleh dokter hewan, mereka kaget karena menemukan mulut di tempat yang seharusnya adalah telinga kanan.

Mulut kedua tidak berfungsi secara normal karena mulut tersebut tidak bisa terbuka dan tertutup seperti mulut lainnya.

Penampakan anjing langka yang mempunyai dua mulut. (Facebook/ Mutt Misfits Animal Rescue Society)
Penampakan anjing malang yang mempunyai dua mulut. (Facebook/ Mutt Misfits Animal Rescue Society)

 

Toad memiliki indera penciuman, pendengaran dan penglihatan terbatas karena ketidaksejajaran organ yang ada di tengkoraknya.

Mulut kedua jarang menyebabkan rasa sakit, namun dokter yang memeriksanya menemukan gigi retak di mulut tersebut.

Awalnya, Toad sering kesakitan karena gigi retak yang ada di mulut keduanya. Kini setelah gigi tersebut dihilangkan melalui operasi, anjing itu dapat riang kembali.

Hernandez menjelaskan bahwa anjing itu sangat berbeda dengan yang lain sehingga ia kerap dikucilkan oleh anjing lainnya.

Namun sebagai hewan peliharaan, Toad sangat setia pada pemiliknya.

''Dia sangat setia kepada kami. Dia pikir dia anjing pangkuan sehingga selalu bersikeras duduk di pangkuanku. Semua anjing lain menghindarinya, untuk itulah kami harus memperhatikannya dengan lebih baik,'' kata Hernandez dikutip dari IFLScience.

Melalui Mutt Misfits, ia memang sengaja memelihara anjing-anjing yang berkebuhan khusus. Melalui organisasi tersebut mereka ingin menekankan kepada orang-orang mengenai sebuah pesan mendalam.

Pesan itu adalah orang harus paham bahwa hewan tidak harus sempurna untuk mendapatkan kasih sayang dari pemiliknya yang sempurna.

Toad yang merupakan anjing malang ini harus mendapatkan perawatan lebih karena kebersihan mulut keduanya harus selalu dijaga dan diawasi.

Berita Terkait