Sains

Ilmuwan Menemukan Ular Piton Raksasa Lengkap dengan 73 Telur

Ular piton raksasa ini merupakan ular terbesar yang pernah ditemukan di taman nasional Florida.

Vika Widiastuti | Rezza Dwi Rachmanta

Ular piton terbesar yang pernah ditemukan pada cagar alam di Florida, Amerika Serikat. (Facebook/ Big Cypress National Preserve)
Ular piton terbesar yang pernah ditemukan pada cagar alam di Florida, Amerika Serikat. (Facebook/ Big Cypress National Preserve)

Hitekno.com - Para ilmuwan yang berada di cagar alam nasional Florida Selatan, Amerika Serikat dikagetkan dengan penemuan ular piton raksasa.

Menurut staff dan sejarah penelitian yang ada, ular piton itu merupakan ular terbesar yang pernah ditemukan di cagar alam nasional tersebut.

Para peneliti menemukan ular piton betina yang mempunyai berat 140 pon atau 91 kilogram di taman nasional Big Cypress National Preserve.

Taman nasional tersebut merupakan salah satu taman nasional terbesar di Amerika Serikat dengan luas sekitar 291 ribu hektar.

Tak kalah mengagetkan, peneliti juga menemukan 73 telur yang diketahui sedang berkembang dan akan menetas.

Para ilmuwan menggunakan pemancar radio untuk melacak populasi ular piton yang sangat invasif di daerah itu.

Mereka sengaja melakukannya agar ular piton tersebut tidak mengancam hewan asli Florida dan tidak mengancam ekosistem secara luas.

Masih belum jelas kemana para peneliti melakukan relokasi pada ular piton raksasa ini.

Namun, mereka sudah bekerja sama dengan badan resmi penelitian ilmiah, U.S. Geological Survey (USGS) untuk membahas nasib ular piton raksasa ini ke depannya.

Ular piton diketahui merupakan hewan asli dari Asia Tenggara.

Para peneliti berasumsi bahwa hewan buas tersebut terbawa karena disengaja maupun tidak disengaja sehingga sampai di Florida, Amerika Serikat.

Ular piton biasanya tak sengaja terbawa melalui kapal pengangkut kayu yang singgah di daerah itu. Hewan tersebut juga sampai di sana karena pelepasan ular peliharaan yang disengaja oleh pemiliknya.

Dikutip dari ABC7, para peneliti yang tergabung di University of Florida khawatir mengenai keseimbangan ekosistem apabila ular-ular raksasa ini terus berkeliaran.

Key Largo woodrat atau Neotoma floridana smalli merupakan spesies yang terancam punah. (USGS)
Key Largo woodrat atau Neotoma floridana smalli merupakan spesies yang terancam punah. (USGS)

 

Ular piton itu diketahui memakan rusa, buaya, burung, dan spesies yang terancam punah lainnya.

Beberapa spesies yang terancam punah seperti Key Largo woodrats (sejenis hewan pengerat) dan panther Florida bisa menjadi makanan ular piton raksasa.

Selain invasif, ular piton juga dapat hidup 25 tahun sehingga memiliki waktu cukup lama untuk menghabisi spesies asli asal Florida.

Ular piton raksasa yang mempunyai panjang 17 kaki atau 5,2 meter ini diperkirakan dapat tumbuh besar hingga mencapai 23 kaki atau 7 meter.

 

Berita Terkait