Sains

Toilet AI Akan Dibangun, Scan Kotoran Untuk Diagnosis Penyakit

Masa depan akan segera dibangun dan makin canggih!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi toilet AI. (Phys)
Ilustrasi toilet AI. (Phys)

Hitekno.com - CEO Micron, Sanjay Mehrotra baru saja berpendapat bahwa bahwa Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bisa masuk ke segala bidang. Ia berambisi bahwa toilet AI adalah sesuatu yang sangat mungkin untuk diwujudkan.

Melalui perusahaannya yaitu Micron Technology, Mehrotra sangat antusias mengembangkan AI dan ingin sekali menjual chip yang dibutuhkan manusia di masa depan.

Kecerdasan buatan yang dapat memindai wajah mungkin sudah ketinggalan zaman meski begitu terkenal di tahun 2017. Di tahun-tahun mendatang, AI diprediksi akan mempengaruhi semua aspek di kehidupan manusia.

AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan memang sedang dikembangkan oleh para raksasa teknologi.

Tak ketinggalan, produsen chip global yaitu Micron sedang membuat proyek khusus. Itu diketahui melalui pernyataan sang CEO, Sanjay Mehrotra pada konferensi Techonomy 2018 di Half Moon Bay, San Francisco.

Ia mengatakan bahwa teknologi obat-obatan sudah dalam tahap yang sangat presisi dan efisien dengan bantuan AI.

Ilustrasi kecerdasan buatan. [Pixabay]
Ilustrasi kecerdasan buatan. [Pixabay]

 

Dalam beberapa waktu ke depan, toilet AI pun bisa diwujudkan melalui perkembangan teknologi yang ada.

''Bayangkan toilet pintar di masa depan akan menganalisis kotoran manusia secara real time setiap hari. Kamu tidak perlu pergi ke dokter setiap enam bulan sekali. Jika tanda penyakit mulai muncul, kamu akan mengetahui lebih cepat melalui analis urin dan tinja,'' kata Sanjay Mehrotra dikutip dari CNet.

AI sudah mulai masuk di dunia medis dalam jumlah besar. Sistem AI telah dikembangkan dari kumpulan data di seluruh dunia dengan tingkat efisiensi dan kecermatan tinggi oleh ilmuwan.

Sekarang, sistem AI berkembang pesat dan dapat mendeteksi penyakit diabetes melalui pencitraan retina dan proses scan X-Ray.

Sanjay Mehrotra saat ada di konferensi Techonomy 2018 Half Moon Bay, San Fransisco. (CNet)
Sanjay Mehrotra saat ada di konferensi Techonomy 2018 Half Moon Bay, San Fransisco. (CNet)

 

Mehrotra sangat yakin, sistem AI atau kecerdasan buatan yang ada sekarang dapat dikembangkan untuk membuat toilet AI dalam waktu mendatang.

Ia dan perusahaan yang dipimpinnya memang mempunyai minat besar dalam mengembangkan kecerdasan buatan.

Mircron sudah mengembangkan kecerdasan buatan dalam segala aspek terutama melalui smartphone hingga data center raksasa.

Hal yang akan sangat menarik apabila Mehrotra dapat mewujudkan toilet AI karena itu akan sangat berguna dan dapat menolong banyak orang.

Berita Terkait