Sains

Temuan Mengejutkan, Gen Zombie Gajah Bisa Sembuhkan Kanker

Gen gajah menyimpan banyak rahasia!

Rendy Adrikni Sadikin | Rezza Dwi Rachmanta

Gajah bersama anaknya. (Penn State)
Gajah bersama anaknya. (Penn State)

Hitekno.com - Gajah mungkin bukan hewan tercepat atau paling pintar yang pernah ditemukan. Tapi mereka bisa membantu umat manusia. Tak main-main, ilmuwan baru saja menemukan bahwa gen zombie gajah dapat membantu manusia mengobati kanker.

Penemuan ini sangat menggembirakan bagi ilmuwan. Di sisi lain, temuan ini sangat membingungkan. Ini adalah fenomena paling membingungkan untuk ilmuwan terutama sejak tahun 1970-an.

Bagaimanapun juga terkait dengan ukuran tubuh gajah, mereka seharusnya mempunyai peluang lebih tinggi untuk terpapar penyakit.

Semakin besar makhluk hidup, semakin banyak sel, dan semakin banyak jaringan tubuh maka semakin besar pula kemungkinan sel itu berubah untuk menjadi sel kanker.

Gajah mempunyai ketahanan tubuh yang sangat kuat terhadap kanker. (LabRoots)
Gajah mempunyai ketahanan tubuh yang sangat kuat terhadap kanker. (LabRoots)

Itulah mengapa orang dengan postur tinggi lebih rentan terhadap penyakit kanker daripada orang dengan postur tubuh pendek.

Namun yang membuat bingung para ilmuwan adalah gajah memiliki peluang terkena kanker sebesar 5 persen.

Jumlah peluang itu setara dengan peluang terkena kanker hewan yang berukuran jauh lebih kecil.

Angka peluang terpapar kanker yang dimiliki manusia adalah sekitar 20 persen.

Dikutip dari ABC News, kini ilmuwan telah mempunyai jawaban terkait ketahanan gajah terhadap kanker yang dipublikasikan di dalam jurnal Cell Report.

Para ilmuwan dan juga peneliti dari Universitas Chicago mengumumkan bahwa mereka mungkin telah menemukan salah satu mekanisme perlindungan kanker.

''Apa yang kami temukan adalah gajah memiliki salinan tambahan gen yang bertugas membunuh sel ketika ada jenis stres yang menyebabkan kanker,'' kata Vincent Lynch, ahli genetika evolusi di Universitas Chicago.

Fungsional dari gen ini sangat luar biasa karena seharusnya gen ini tidak berfungsi atau mati. Ilmuwan menyebutnya dengan ''gen zombie'' karena mempunyai kemampuan untuk hidup lagi.

Ilustrasi gen Zombie Gajah. (News Magazine)
Ilustrasi gen Zombie Gajah. (News Magazine)

Gen zombie atau yang biasanya disebut dengan kode LIF6 (Leukemia Inhibitory Factor 6) telah berevolusi pada gajah sehingga dapat kembali dari kematian.

Saat kembali dari kematian, gen zombie dapat membunuh sel apapun yang menunjukkan kerusakan pada DNA sehingga mencegahnya menjadi kanker. Penemuan ini dapat membantu manusia mengobati kanker di masa depan.

Cara kerja gen zombie atau LIF6. (Cell Press)
Cara kerja gen zombie atau LIF6. (Cell Press)

Lynch juga mengatakan bahwa jika kita dapat memahami fungsi gen yang membuat gajah resisten terhadap kanker, kita dapat meniru fungsi itu dan mengembangkan obat pembunuh kanker.

Namun jangan senang dulu, ilmuwan yang terlibat penelitian juga berpesan bahwa pembuatan obat sangat rumit. Itu membutuhkan waktu setidaknya beberapa dekade lagi.

Namun penemuan gen zombie gajah setidaknya semakin membuat peluang manusia mengobati kanker lebih besar lagi.

Berita Terkait