Sains

Dijelaskan Secara Ilmiah, Ini Penyebab Orang Menjadi Kidal

Ternyata populasi orang kidal di dunia ini ada sekitar 10 persen. Apa penyebab orang bisa kidal?

Agung Pratnyawan

sumber foto: pixabay
sumber foto: pixabay

Hitekno.com - Di dunia, diperkirakan sekitar sepuluh persen dari populasi manusia adalah orang kidal atau yang memusatkan kegiatan menggunakan tangan kiri. Belum diketahui pasti penyebab dari kondisi ini.

Namun ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa kondisi ini bisa terjadi. Seperti dilansir laman Medical Daily, preferensi penggunaan tangan seseorang sebenarnya berasal dari sumsum tulang belakang, bukan otak.

Sebuah tim ilmuwan dari Belanda, Inggris, dan Cina melakukan analisis genetik untuk mengidentifikasi hal yang berkontribusi pada preferensi penggunaan tangan kiri-kanan dalam sistem saraf.

"Janin manusia sudah menunjukkan kecenderungan yang cukup besar pada gerakan lengan sebelum korteks motor terhubung secara fungsional dengan sumsum tulang belakang," ujar sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal eLife.

Lebih lanjut studi tersebut menjelaskan bahwa pemindaian ultrasound pada tahun 1980-an menunjukkan bahwa preferensi untuk menggunakan tangan kiri atau kanan berkembang di rahim sejak minggu ke-8 kehamilan. Sedangkan pengisapan jempol kiri atau kanan dimulai sejak minggu ke-13.

Tapi jumlahnya yang sedikit membuat pemilik tangan kidal terlihat unik dibandingkan orang yang menggunakan tangan kanannya untuk berkegiatan seperti makan dan menulis. Beberapa penelitian bahkan mengaitkan pemilik tangan kidal dengan kecenderungan lebih kreatif.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Orang Menjadi Kidal.

Berita Terkait