Apa Itu Microsoft Academic dan Manfaatnya untuk Pendidikan

Microsoft Academic dirancang khusus untuk pencarian informasi yang lebih relevan untuk pendidikan.

Agung Pratnyawan
Senin, 20 Maret 2023 | 17:56 WIB
Logo Microsoft. (Microsoft)

Logo Microsoft. (Microsoft)

Hitekno.com - Carite tempat belajar dan mendapatkan informasi secara gratis? Ada Microsoft Academic yang bisa diakses dengan gratis. Tapi apakah kamu tahu apa itu Microsoft Academic dan manfaatnya dalam pendidikan?

Apa itu Microsoft Academic berikut ini penjelasannya. Microsoft Academic adalah situs web yang tersedia secara gratis yang membantu para sarjana menemukan informasi ilmiah yang paling relevan.

Microsoft Academic dirancang sebagai mesin pencari semantik, yang artinya bertujuan untuk menemukan kecocokan terbaik untuk maksud pengguna, dan tidak hanya mencocokkan kata kunci.

Baca Juga: Cara Memakai Microsoft 365 untuk PC, Bedanya dengan Office?

Sementara mesin pencari lainnya juga telah bergerak ke arah ini, Microsoft Academic lebih lanjut menerapkan pembelajaran mesin untuk mengkarakterisasi dan menyortir konten web dengan lebih baik untuk memberikan hasil yang paling berguna.

Microsoft Academic menggabungkan fitur berikut dari database yang ada: cakupan luas (Google Scholar), metadata terstruktur dan kaya serta fungsionalitas (Scopus dan Web of Science), dan jejaring sosial untuk akademisi (ResearchGate).

Selain itu, mengakses data mentah relatif murah. Dengan fitur-fitur ini dan pengembangan yang sedang berlangsung, Microsoft Academic diyakini akan menjadi negara adidaya bibliometrik. Microsoft Academic bertujuan untuk mengatur dan menyortir informasi ilmiah, sehingga hasil yang paling relevan disajikan terlebih dahulu, dan konsep terkait dapat diakses dengan mudah.

Baca Juga: Daftar Harga Microsoft Word Terbaru dan Resmi di Indonesia

Misalnya pencarian untuk "heat shock protein" di Microsoft Academic menghasilkan lebih dari 50.000 hasil (per Oktober 2020). Di bilah sisi kiri, ada beberapa opsi pemfilteran yang dikhususkan untuk pencarian saat ini. Untuk "heat shock protein", "Topik Teratas" di sidebar kiri mencakup Biologi Sel, Kimia, Kedokteran, dan protein Hsp70.

Mengklik tombol "Lainnya" mengungkapkan subkategori tambahan termasuk Genetika, dan penelitian Kanker. Daftar subtopik yang dikurasi mesin di sidebar kiri inilah yang benar-benar membedakan Microsoft Academic Search dari Google Scholar dan PubMed.

Kamu dapat memulai dengan gambaran umum tentang apa yang kamu minati, dan MAS akan menyarankan kemungkinan subkategori yang memungkinkan kamu menemukan makalah yang paling menarik dengan cepat. Di Google Scholar dan PubMed, Kamu perlu menambahkan istilah penelusuran tambahan untuk memfokuskan penelusuran.

Baca Juga: 3 Link Download Microsoft Word Terbaru, Bisa untuk Windows dan Mac

Microsoft Academic adalah proyek yang mengeksplorasi cara membantu manusia melakukan penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kekuatan kognitif mesin dalam memori, perhitungan, penginderaan, perhatian, dan daya tahan. Tinjauan terbaru dari Microsoft Academic diterbitkan dalam makalah jurnal ini oleh Frontiers dan ini oleh QSS.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu Microsoft Academic. Bagi kamu yang mencari jurnal dan informasi seputar dunia kesehatan bisa mencoba menggunakan Microsoft Academic. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: Kolaborasi JobStreet by SEEK dan Microsoft, Dukung Profesional dengan Konten Pembelajaran

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak