Lesti Kejora Berdamai dengan Rizky Billar, Ini Penjelasan Ilmiah Wanita Bertahan dalam Hubungan KDRT

Melihat kasus ini secara sains, rupanya ada alasan khusus yang menjadi penyebab wanita bertahan dalam hubungan KDRT.

Amelia Prisilia
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 15:49 WIB
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (instagram)

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (instagram)

Hitekno.com - Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar kembali membuat publik heboh usai sama-sama memutuskan untuk berdamai usai kasus KDRT terjadi. Secara ilmiah, simak ulasan alasan wantia bertahan dalam hubungan KDRT.

Sebelumnya, Lesti Kejora mengejutkan publik dengan laporan KDRT. Dirinya mengaku mendapat sejumlah kekerasan dari sang suami, Rizky Billar. Dalam waktu singkat, laporan ini langsung menjadi perhatian publik.

Baca Juga: - Cara Membuat Facebook Stories dengan Mudah, Manfaatkan Foto dan Video - Lihat Sekelompok Cewek Bantu Mobil yang Terpesok saat Banjir, Netizen Kagumi Kekuatannya - Cowok Kaget Pakai Filter di TikTok Ini, Netizen: Kayak Natasha Wilona - 10 Jutsu Bunshin Terkuat, Punya Naruto Kalah Sama Tokoh Ini

Setelah sempat menahan Rizky Billar selama beberapa hari, pihak berwajib kemudian dikejutkan dengan keinginan Lesti Kejor yang justru mencabut laporan KDRT tersebut. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena anak dari pasangan artis ini.

Melihat kasus ini secara sains, rupanya ada alasan khusus yang menjadi penyebab wanita bertahan dalam hubungan KDRT. Dilansir dari jurnal resmi yang diunggah ke MDPI, berikut penyebab hal tersebut terjadi.

1. Malu

Ilustrasi pasangan. (unsplash/Pablo Heimplatz)
Ilustrasi pasangan. (unsplash/Pablo Heimplatz)

Rasa malu yang muncul menjadi salah satu penyebab wanita bertahan dalam hubungan KDRT. Karena rasa ini, korban KDRT justru memilih tidak melaporkan ke pihak berwajib.

2. Komitmen pernikahan

Komitmen untuk terus bersama dalam hubungan pernikahan membuat beberapa wanita menolak mengakhiri hubungan KDRT walaupun berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

3. Ketakutan pada anak-anak

Alasan lainnya seorang wanita bertahan dalam hubungan KDRT adalah karena tekanan psikologis dan kekhawatiran mengenai hal-hal negatif yang mungkin terjadi pada anak-anaknya. Perasaan takut pada tuduhan menjauhkan anak-anak dari sang ayah menjadi salah satu penyebabnya.

4. Yakin bahwa pasangan akan berubah

Ilustrasi pasangan bertengkar. (unsplash/Eric Ward)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (unsplash/Eric Ward)

Penelitian ini menyebut bahwa keyakinan wanita bahwa sang pasangan bisa berubah menjadi salah satu penyebab dirinya bertahan dalam hubungan KDRT. Harapan agar pasangan dapat berubah sejalannya waktu membuat hubungan ini terus dipertahankan.

5. Ketergantungan ekonomi

Bagi beberapa wantia, kurangnya kemampuan ekonomi menjadi salah satu hambatan dirinya untuk mengakhiri hubungan KDRT. Ketakutan mengenai kondisi ekonomi tanpa pasangan membuat wanita memutuskan untuk terus mempertahankan hubungan.

Itu tadi 5 alasan ilmiah yang menyebabkan wanita bertahan dalam hubungan KDRT. Tidak dijelaskan dengan pasti, kelima hal di atas bisa saja menjadi penyebab Lesti Kejora memilih memaafkan Rizky Billar usai konflik panas antara keduanya.

Berita Terkait

TERKINI

Ternyata Mars dipenuhi dengan air dan ada juga Tsunami seperti di Bumi.
sains | 21:39 WIB
Teknologi ini tidak mengandung adiktif yang mencemari lingkungan.
sains | 20:46 WIB
Target pembangunan PLTN ini dalam rangka mendukung upayapemerintah dalam mencapai karbon netral atau netzero emisi.
sains | 15:36 WIB
Bagaimana proses terjadinya erupsi gunung berapi ini? Peristiwa erupsi gunung berapi ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut Bumi.
sains | 13:23 WIB
Di Indonesia ada empat tingkatan status gunung berapi yang harus kamu ketahui.
sains | 13:15 WIB
Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Tampilkan lebih banyak