Usai Pandemi Warga Prancis Disebut Terjangkit 'Epidemi' Baru, Bikin Produktivitas Merosot

Adanya pandemi Covid memperparah kondisi ini, banyak yang keluhkan kelelahan.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 17 November 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi kemalasan. (unsplash/@hutomoabrianto)

Ilustrasi kemalasan. (unsplash/@hutomoabrianto)

Hitekno.com - Kemalasan secara teratur mencegah hampir setengah dari populasi Prancis meninggalkan rumah mereka, sebuah studi baru telah mengungkapkan, seperti dilansir dari Russia Today.

"Epidemi kemalasan," yang mempengaruhi sekitar 45% populasi, adalah konsekuensi langsung dari penguncian Covid, kata para peneliti.

Baca Juga: - One Piece: Rencana Rahasia Dragon dan Dr Vegapunk, Siapkan Kuma untuk Melawan Pemerintah Dunia - Xiaomi 12T Rilis di Filipina Sebelum ke Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya - Cara Membuat Polling Grup WhatsApp, Fitur Baru yang Sangat Berguna

"Kemalasan untuk meninggalkan rumah ini terutama mempengaruhi kelompok usia menengah: 52% di antara usia 25-34 tahun dan 53% di antara usia 35-49 tahun, dibandingkan hanya 33% dari mereka yang berusia 65 tahun ke atas," menurut studi oleh International Market Research Group (IFOP) dan think tank yayasan Jean-Jaures.

Survei, yang diterbitkan minggu lalu, menemukan bahwa "daya tarik sofa tampaknya sangat kuat," dan kata "tempat tidur" memiliki konotasi positif untuk 74% responden.

Menurut penelitian tersebut, pandemi dan lockdown ketat telah memiliki dampak besar pada sikap orang Prancis terhadap pekerjaan, kehidupan keluarga, waktu luang, dan ruang pribadi.

Ilustrasi tidur. (pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi tidur. (pixabay/Engin_Akyurt)

Sekitar 37% responden mengatakan mereka kurang termotivasi daripada sebelumnya dalam pekerjaan mereka, dan 41% mengeluh merasa lebih lelah.

Peningkatan kelelahan tampaknya terjadi terlepas dari jenis kelamin, usia, latar belakang sosial, dan lokasi dan "mempengaruhi moral populasi," menurut penelitian tersebut.

Dari sudut pandang sejarah, sikap orang Prancis terhadap 'keseimbangan kehidupan kerja' telah berubah bahkan lebih dramatis, studi ini menunjukkan.

Pada tahun 1990, 60% orang Prancis percaya bahwa pekerjaan itu "sangat penting," dibandingkan dengan hanya 24% pada tahun 2021.

Pada tahun 1953, 54% orang dewasa yang bekerja percaya bahwa mereka memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik.

Sekarang, hanya 39% yang berpikir demikian, sementara 48% responden "menganggap diri mereka pecundang."

Pergeseran ini diperburuk oleh pandemi Covid, tetapi asal-usulnya terkait dengan "devaluasi umum pengalaman bisnis tertentu."

PHK rutin staf dan manajemen jangka panjang yang hanya berfokus pada pencapaian keuangan "telah mengubah hubungan" antara pengusaha dan karyawan, klaim penelitian itu.

Sekitar 1.001 orang dewasa Prancis mengambil bagian dalam penelitian, yang dilakukan secara online antara 1 dan 2 September.

Berita Terkait

TERKINI

Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Tampilkan lebih banyak