Apakah Ngupil Bisa Picu Alzheimer? Simak Dulu Hasil Riset Berikut Ini

Benarkah ngupil bisa memicu kerusakan otak? Begini kata ilmuwan.

Cesar Uji Tawakal
Rabu, 09 November 2022 | 17:17 WIB
Ilustrasi otak. (Pexels)

Ilustrasi otak. (Pexels)

Hitekno.com - Tim peneliti mengkonfirmasi bahwa bakteri tertentu dapat memasuki otak melalui hidung dan "memicu patologi yang terlihat seperti penyakit Alzheimer," mereka melakukan tes pada tikus.

Dilansir dari Sputnik Newsmengorek hidung seseorang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan seseorang yang lebih besar yang secara tidak sengaja menyebabkan mimisan, karena aktivitas ini berpotensi mengakibatkan peningkatan risiko penyakit Alzheimer, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports awal tahun ini menunjukkan.

Baca Juga: - Harga Realme 10 Rp 2.499.000, Apa yang Ditawarkan HP Baru Ini? - Penampakan HP Flagship Vivo X90 Beredar, Usung Chipset Premium Ini

Penulis penelitian yang dimaksud menemukan bahwa bakteri Chlamydia pneumonia dapat memasuki sistem saraf pusat tikus melalui saraf penciuman.

"Kami adalah orang pertama yang menunjukkan bahwa Chlamydia pneumoniae dapat langsung naik ke hidung dan ke otak di mana ia dapat memicu patologi yang terlihat seperti penyakit Alzheimer," kata Profesor St. John, kepala Pusat Neurobiologi dan Penelitian Sel Punca Clem Jones dan rekan penulis studi tersebut.

Ia juga mengatakan dalam siaran pers oleh Universitas Griffith: "Kami melihat ini terjadi dalam model tikus, dan buktinya juga berpotensi menakutkan bagi manusia."

Tetapi sementara para peneliti sekarang bermaksud untuk mengkonfirmasi bahwa bakteri jalur saraf yang sama yang digunakan untuk menyerang otak tikus juga ada pada manusia, menurut James Giordano, profesor neurologi dan biokimia di Georgetown University Medical Center.

Ilustrasi otak manusia. (Pixabay/ VSRao)
Ilustrasi otak manusia. (Pixabay/ VSRao)

Ia juga berpendapat bahwa penelitian yang dimaksud tidak boleh diambil di luar konteks.

Secara khusus, dia menunjukkan bahwa tim di balik penelitian tidak pernah mengatakan bahwa mengorek hidung alias ngupil akan membuat Anda Alzheimer.

"Apa yang mereka sarankan adalah bahwa individu dengan pelanggaran berulang pada mukosa hidung memiliki kemungkinan bakteri dan virus yang cukup tinggi bermigrasi ke otak dan berpotensi mengaktifkan keadaan proinflamasi, yang kemudian berpotensi menginduksi neurodegenerasi," kata Giordano kepada media.

Dia juga mencatat bahwa penelitian ini tidak berurusan dengan masalah apakah sistem kekebalan tubuh manusia mungkin lebih mampu dalam menangani agen yang menyebabkan penyakit, dan bahwa, daripada menonton tikus laboratorium mengambil hidung mereka, para peneliti memperkenalkan jumlah bakteri yang diperlukan untuk mematahkan mukosa hidung ke dalam hidung makhluk itu.

Berita Terkait

TERKINI

Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak