Nuklir Indonesia dan Sejarahnya

Sudah ada tiga reaktor nuklir di Indonesia, mana saja?

Agung Pratnyawan
Kamis, 03 November 2022 | 15:48 WIB
Reaktor nuklir serba guna GA Siwabessy di Serpong. (BATAN)

Reaktor nuklir serba guna GA Siwabessy di Serpong. (BATAN)

Hitekno.com - Nuklir Indonesia ternyata sudah ada sejak lama. Bahkan ada lebih dari satu reaktor nuklir di Indonesia yang dikelola oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN.

Pada tahun 2020, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan mantan Kepala Staf Presiden Widodo, secara terbuka mengeluh bahwa negara-negara kuat seperti Amerika Serikat tidak menganggap Indonesia sebagai pemain internasional yang serius karena kurangnya senjata nuklir, sehingga menjadi berita utama lokal.

Baca Juga: - Terparah Sepanjang Sejarah, Ini Sejarah Bencana Nuklir Chernobyl yang Perlu Kamu Tahu - Sejarah Nuklir Indonesia, Lengkap Beserta Lokasi Reaktor - Efek Perang, Reaktor Nuklir Ukraina Terancam Bahaya, PBB Ikut Khawatir - Putin Tawarkan Nuklir ke Indonesia, Jadi Momentum Realisasi PLTN

Baru-baru ini dalam teknologi reaktor nuklir mutakhir untuk memanfaatkan sumber daya mineral yang melimpah di negara itu. Meski bukan negara yang kuat dalam pemanfaatan nuklir, Indonesia sudah lama menggunakan nuklir sebagai sumber daya.

Namun tahukah kamu Indonesia memiliki reaktor nuklir? Yup, ada beberapa reaktor nuklir di Indonesia yang sudah lama dioperasionalkan.

Sejarah Nuklir di Indonesia

Logo Badan Tenaga Nuklir Nasional. (BATAN)
Logo Badan Tenaga Nuklir Nasional. (BATAN)

Awal sejarah nuklir di Indonesia sudah ada semenjak era presiden Soekarno di tahun 1954. Presiden Soekarno membentuk Panitia Negara yang bertugas melakukan penyelidikan adanya kemungkinan sisa zat radioaktif di wilayah NKRI akibat uji coba persenjataan. Panitia Negara inilah yang kemudian menjadi awal mula terbentuknya BATAN.

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Indonesia diawali dengan pembangunan beberapa pusat penelitian, serta pembangunan reaktor nuklir. Hal ini bertujuan untuk riset penelitian yang akan digunakan sebagai upaya di bidang iptek nuklir. Pada tahun 1965 reaktor nuklir pertama diresmikan pengoperasian (Triga Mark II) di Bandung.

Indonesia hingga saat ini telah mengoperasikan tiga unit reaktor nuklir untuk keperluan penelitian serta beberapa fasilitas nuklir yang meliputi fabrikasi elemen bakar. Berikut 3 lokasi reaktor nuklir yang ada di Indonesia.

  1. Bandung, Jawa Barat. Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Bandung. (reaktor Triga Mark II. Diarsipkan 2007-12-31 di Wayback Machine.
  2. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (Reaktor penelitian nuklir Kartini operasi sejak 1979).
  3. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. (reaktor penelitian nuklir MPR RSG-GA Siwabessy - diresmikan tahun 1987).

Meski demikian rencana pengembangan nuklir Indonesia sempat dikritik oleh Greenpeace dan sejumlah individu lainnya, seperti Gus Dur. Pada Juni 2007, hampir 4.000 demonstran meminta pemerintah membatalkan rencana pembangunan reaktor nuklir di Muria, Jawa Tengah.

Mereka menolaknya karena bahaya limbah nuklir, dan lokasi Indonesia di Cincin Api Pasifik, dengan banyak aktivitas geologi, seperti gempa bumi dan letusan gunung.

Pada tahun 2006, Indonesia menandatangani perjanjian dengan negara lain dalam hal nuklir, termasuk Korea Selatan, Rusia, Australia dan Amerika Serikat. Australia tidak keberatan untuk mengirim uranium ke Indonesia, dan pihak Rusia yang menawarkan untuk membangun reaktor nuklir di Gorontalo sebagai lokasi baru.

Indonesia memiliki dua lokasi eksplorasi uranium, yaitu tambang Remaja-Hitam dan tambang Rirang-Tanah Merah. Kedua uranium tersebut terletak di Kalimantan Barat.

Jika tidak cukup, Indonesia memiliki pilihan mengimpor uranium yang tersedia di pasaran internasional. Indonesia adalah anggota aktif IAEA (International Atomic Energy Agency) yang berkedudukan di Vienna, Austria.

Kesiapan Indonesia dengan Nuklir

Ilustrasi nuklir. (pixabay)
Ilustrasi nuklir. (pixabay)

Pada November 2009, Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menyelesaikan misi Integrated Nuclear Infrastructure Review (INIR) di Indonesia. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui status pembangunan infrastruktur nuklir di Indonesia, guna mendukung pembangunan tersebut.

Evaluasi tersebut mengukur kesiapan Indonesia dalam meluncurkan program semacam itu dan hasilnya menunjukkan bahwa Indonesia telah melakukan pekerjaan persiapan yang ekstensif pada sebagian besar masalah infrastruktur yang memungkinkan negara untuk membuat pertimbangan lebih lanjut untuk memperkenalkan tenaga nuklir dan bergerak maju.

Sebagaimana ditunjukkan dalam laporan IAEA, ada beberapa lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir potensial di Indonesia, yaitu Semenanjung Muara, Banten, Kalimantan Timur, Pulau Bangka, Kalimantan Barat, dan Pulau Batam.

Menurut survei nasional tahunan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), penerimaan publik terhadap tenaga nuklir di Indonesia secara bertahap meningkat dari tahun 2012 hingga 2016, meskipun masyarakat memberikan persepsi negatif tentang nuklir pada tahun 2011 karena kecelakaan nuklir Fukushima.

Sebagaimana dinyatakan dalam survei terakhir, penerimaan mencapai titik yang cukup tinggi pada tahun 2016 sebesar 77,5% dan diharapkan opini publik yang positif akan meyakinkan pemerintah untuk lebih percaya diri dalam mengambil keputusan nuklir. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Target pembangunan PLTN ini dalam rangka mendukung upayapemerintah dalam mencapai karbon netral atau netzero emisi.
sains | 15:36 WIB
Bagaimana proses terjadinya erupsi gunung berapi ini? Peristiwa erupsi gunung berapi ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut Bumi.
sains | 13:23 WIB
Di Indonesia ada empat tingkatan status gunung berapi yang harus kamu ketahui.
sains | 13:15 WIB
Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Tampilkan lebih banyak