Sains

BRIN: Fasilitas Nuklir Bakal Dipusatkan di Puspiptek Serpong

BRIN akan membangun fasilitas nuklir terpusat di Puspiptek Serpong berupa reaktor maupun akselerator.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi nuklir. (Pixabay)
Ilustrasi nuklir. (Pixabay)

Hitekno.com - Organisasi Riset Tenaga Nuklir pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan kalau nantinya fasilitas nuklir bakal dipusatkan di Puspiptek Serpong.

Yakni tepatnya di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Puspiptek Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

"Ke depan kami akan membangun fasilitas nuklir secara terpusat di Puspiptek Serpong, baik itu yang berbasis reaktor maupun akselerator," kata Pelaksana Tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Agus Sumaryanto dalam Webinar Riset BRIN berseri di Jakarta, Selasa (15/12/2021).

Agus menuturkan dengan pembangunan, revitalisasi dan peningkatan infrastruktur riset, maka diharapkan nantinya Indonesia akan setara dengan negara maju dalam empat atau tahun lima tahun mendatang

"Mudah-mudahan ini bisa terlaksana dengan baik," ujarnya.

Agus menuturkan saat ini pihaknya sedang berkomunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional agar mendapatkan anggaran sehingga bisa membangun, meningkatkan serta merevitalisasi fasilitas yang ada di Tanah Air.

Inovasi Teknologi Nuklir di BATAN (Suara.com/Wivy)
Inovasi Teknologi Nuklir di BATAN (Suara.com/Wivy)

Ia mengatakan supaya bisa memiliki fasilitas riset yang dapat digunakan semua pihak atau berbasis platform global, maka harus menyiapkan revitalisasi infrastruktur riset dengan standar keamanan dan keselamatan serta teknologi terkini.

Selain merevitalisasi, membangun dan meningkatkan kapasitas dan kualitas infrastruktur riset nuklir, yang penting juga adalah meningkatkan pembangunan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi nuklir.

"Harapannya kompetensi sumber daya manusia kita sebanding atau mungkin lebih tinggi di tingkat regional," tutur Agus.

Itulah rencana BRIN untuk memusatkan fasilitas nuklir di Puspiptek Serpong. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait