Ada Gempa, Ilmuwan Temukan Aktivitas Vulkanik di Mars

Planet Merah mungkin agak "hidup" dalam hal aktivitas vulkanik.

Selasa, 01 November 2022 | 20:26 WIB
Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

Hitekno.com - Para peneliti di balik studi baru berpendapat bahwa gempa frekuensi rendah yang terdeteksi di Planet Merah dapat mengarah pada keberadaan magma jauh di dalam perut Mars.

Meskipun sejauh ini tidak ada jejak kehidupan yang ditemukan di Mars, tampaknya Planet Merah mungkin agak "hidup" dalam hal aktivitas vulkanik, sebuah tim peneliti internasional memaparkan seperti dilansir dari Sputnik News.

Baca Juga: - Cara Video Call Whatsapp di Laptop, Mudah dan Praktis - Baru Flash Sale Perdana, Xiaomi Berhasil Jual Redmi Note 12 Sebanyak 350,000 Unit - Lihat Mobil Parkir di Tempat Seperti Ini, Netizen: Kelas, Penuh Perjuangan - Daftar Harga HP Oppo Terbaru November 2022, Simak sebelum Membeli - Daftar Harga HP Vivo Terbaru November 2022, Mana yang Jadi Incaranmu?

Menggunakan data yang disediakan oleh pendarat InSight NASA mengenai serangkaian gempa marsempat frekuensi rendah, para peneliti yang dipimpin oleh Simon Stahler dari Institute of Geophysics di ETH Zurich mendalilkan bahwa aktivitas seismik yang terdeteksi oleh pesawat terutama berasal dari serangkaian celah di permukaan planet, yang dikenal sebagai Cerberus Fossae.

"Kami menunjukkan bahwa karakter spektral dari marsquake frekuensi rendah yang lebih dalam menunjukkan wilayah sumber yang lemah secara struktural dan berpotensi hangat yang konsisten dengan aktivitas magmatik baru-baru ini pada kedalaman 30-50 km," tulis para peneliti dalam karya mereka, yang diterbitkan minggu ini di jurnal Nature Astronomy.

Robot Curiosity saat berada di Mars. (NASA)

Tim juga mencatat warna yang jelas lebih gelap dari endapan debu di daerah yang dimaksud, dengan Stahler menyarankan itu "menandakan bukti geologis dari aktivitas vulkanik yang lebih baru, mungkin dalam 50.000 tahun terakhir - relatif muda, dalam istilah geologis," menurut siaran pers oleh ETH Zurich.

"Temuan kami mengkonfirmasi bahwa Cerberus Fossae mewakili pengaturan tektonik unik yang dibentuk oleh proses magmatik hari ini dan aliran panas yang meningkat secara lokal," tulis para peneliti.

Beberapa getaran di Mars, bagaimanapun, terjadi karena pengaruh luar daripada karena aktivitas tektonik, karena penyebab gempa mars berkekuatan 4 yang terdeteksi pada 24 Desember tahun lalu akhirnya ditelusuri ke dampak meteoroid yang meninggalkan kawah besar di permukaan Planet Merah.