Orang Malas Cenderung Tak Kreatif, Mandi dan Beraktivitas Ringan Bisa Jadi Kunci

Ilmuwan ungkap adanya perangsangan kreatif seseorang ketika mandi dan melakukan kegiatan tertentu.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 13 Oktober 2022 | 08:55 WIB
Ilustrasi pemalas(unsplash/@yrss)

Ilustrasi pemalas(unsplash/@yrss)

Hitekno.com - Mandi tampaknya bukan satu-satunya kegiatan yang dapat merangsang pikiran kreatif seseorang, akan tetapi aktivitas tertentu juga bisa berpengaruh kata peneliti.

Dilansir dari Sputnik News, para peneliti di Amerika Serikat telah menemukan teori menarik yang mungkin menjelaskan mengapa seseorang mungkin tiba-tiba mendapat pencerahan saat terlibat dalam beberapa tugas yang tampaknya tidak masuk akal dan mandi.

Baca Juga: - Ilmuwan Ungkap Dugaan Adanya Mahluk Penghuni Mars Era Dahulu, Hal Ini Picu Kepunahan - Potret Pasangan Suami Istri di Bandung Tahun 1982, Model Sandal Legend Ini Jadi Sorotan - Naruto: Apakah Shisui Uchiha Masih Hidup? Pengguna Mangekyou Sharingan yang Diakui Hiruzen Sarutobi

Menurut siaran pers oleh University of Virginia, orang-orang di balik studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts menunjukkan bahwa kuncinya mungkin adalah tugas-tugas yang tampaknya bisa dilakukan tanpa berpikir yang tidak sepenuhnya tidak masuk akal.

"Katakanlah Anda terjebak pada suatu masalah," kata Zac Irving, asisten profesor filsafat di University of Virginia dan salah satu penulis makalah baru.

"Apa yang Anda lakukan? Mungkin bukan sesuatu yang sangat membosankan seperti menonton cat kering. Sebaliknya, Anda melakukan sesuatu untuk menyibukkan diri, seperti berjalan-jalan, berkebun, atau mandi. Semua kegiatan ini cukup menarik."

Dia menunjuk pada penelitian sebelumnya dari tahun 2012 yang mengevaluasi kemampuan peserta untuk menghasilkan penggunaan alternatif kreatif untuk barang-barang sehari-hari setelah melakukan "tugas-tugas dari berbagai tingkat permintaan mental" untuk sementara waktu, dengan peserta yang tugasnya kurang menuntut menampilkan hasil yang lebih tinggi.

Tetapi sementara studi lanjutan tampaknya menghasilkan hasil yang tidak konsisten, Irving berpendapat bahwa mereka "mengukur seberapa terganggu para peserta" alih-alih mengukur "pengembaraan pikiran".

Selama penelitian mereka sendiri, Irving dan rekan-rekannya meminta dua kelompok peserta untuk membuat penggunaan alternatif untuk batu bata atau penjepit kertas.

Sebelum melakukan tugas tersebut, kelompok pertama menonton video "membosankan" dari dua pria yang melipat cucian, sementara kelompok kedua menonton "video yang cukup menarik" - adegan tiga menit dari "When Harry Met Sally".

"Apa yang benar-benar ingin kami ketahui bukanlah video mana yang membantu Anda menjadi lebih kreatif," kata Irving.

"Pertanyaannya adalah bagaimana pengembaraan pikiran terkait dengan kreativitas selama tugas-tugas yang membosankan dan menarik?"

Hasilnya menunjukkan bahwa pengembaraan pikiran memang membantu peserta menghasilkan lebih banyak ide, tetapi hanya ketika mereka menonton "video yang cukup menarik".

Berita Terkait

TERKINI

Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Sesar lembang berada di kawasan Jawa Barat dan diketahui masih aktif hingga saat ini.
sains | 16:46 WIB
Tampilkan lebih banyak