Usai Korea Utara Ngetes Rudal ke Jepang, Korea Selatan Ikut Angkat Bicara

Begini reaksi dari Korea Selatan terkait tes rudal tersebut.

Cesar Uji Tawakal
Rabu, 12 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi Rudal Balistik. (Pixabay)

Ilustrasi Rudal Balistik. (Pixabay)

Hitekno.com - Korea Selatan memperingatkan bahwa kawasan itu menghadapi ancaman keamanan serius setelah Korea Utara melakukan uji coba senjata selama berminggu-minggu untuk mensimulasikan serangan nuklir terhadap musuh-musuhnya.

"Penting untuk secara akurat mengenali realitas keamanan yang serius di Semenanjung Korea dan di Asia Timur Laut dan mempersiapkannya dengan tepat," kata juru bicara Presiden Yoon Suk-yeol seperti dilansir dari Russia Today.

Baca Juga: - Pakar Inginkan Adanya Pembatasan Sinyal 5G di Sekitar Bandara, Ternyata Ini Sebabnya - One Piece: 5 Buah Iblis dengan Efek Samping Mengerikan, Memberikan Kekuatan besar Namun Ngeri Efeknya - Ramai Cloud Gaming, Google Luncurkan Chromebook Ampuh yang Bikin Penasaran

"Melindungi kehidupan dan keselamatan orang bukanlah tentang kata-kata, tetapi ini adalah masalah kehidupan nyata."

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah Pyongyang melaporkan bahwa pasukan nuklir Korea Utara telah berhasil menyelesaikan uji coba yang mensimulasikan pemuatan hulu ledak taktis ke dalam silo yang tersembunyi di bawah reservoir.

Pengujian itu dilakukan untuk memverifikasi bahwa hulu ledak dapat diangkut, dimuat, dan disiapkan untuk diluncurkan dengan "cara yang cepat dan aman pada saat operasi, memeriksa keandalan sistem manajemen secara keseluruhan," kata KCNA.

Ilustrasi rudal. (Shutterstock)
Ilustrasi rudal. (Shutterstock)

Uji coba itu merupakan bagian dari serangkaian peluncuran rudal dan latihan lainnya yang dimulai Korea Utara pada 25 September untuk memastikan kesiapan pasukan nuklirnya untuk "memusnahkan" target potensial Korea Selatan dan AS, demikian menurut laporan itu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang dilaporkan mengawasi semua uji coba itu, mengatakan pasukan militernya akan "mempertahankan postur respons nuklir terkuat mereka dan semakin memperkuatnya dalam segala hal."

Kim juga mengesampingkan pembicaraan damai dengan Washington atau Seoul, dengan mengatakan "musuh masih berbicara tentang dialog dan negosiasi sambil menimbulkan ancaman militer bagi kami."

Dia menambahkan bahwa Korea Utara "tidak memiliki apa pun untuk dibicarakan tanpa musuh-musuh kita, dan kita tidak merasa perlu melakukannya."

Yoon menggantung apa yang dia pikir sebagai cabang zaitun pada bulan Agustus, menawarkan untuk memberikan bantuan ekonomi kepada Korea Utara dengan imbalan negara itu melonggarkan program senjata nuklirnya.

Saudara perempuan Kim, Kim Yo-jong, menanggapi Yoon dengan marah, dengan mengatakan, "Akan lebih menguntungkan bagi citranya untuk menutup mulutnya, daripada berbicara omong kosong karena dia tidak memiliki apa pun yang lebih baik untuk dikatakan."

Peluncuran rudal balistik Korea Utara dalam beberapa pekan terakhir datang sebagai tanggapan atas latihan militer skala besar oleh AS dan Korea Selatan, demikian ungkap KCNA.

Kim Jong-un memperingatkan bahwa "kejengkelan situasi yang tidak bertanggung jawab oleh rezim AS dan Korea Selatan" akan memicu respons yang lebih kuat oleh Pyongyang.

 

Berita Terkait

TERKINI

Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Sesar lembang berada di kawasan Jawa Barat dan diketahui masih aktif hingga saat ini.
sains | 16:46 WIB
Tampilkan lebih banyak