Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik, WNI di Jepang Ungkap Ini yang Terjadi

Salah satu WNI di Jepang mengungkap adanya peringatan soal rudal balistik Korea Utara tersebut.

Agung Pratnyawan
Selasa, 04 Oktober 2022 | 16:03 WIB
Ilustrasi Rudal Balistik. (Pixabay)

Ilustrasi Rudal Balistik. (Pixabay)

Hitekno.com - Korea Utara dilaporkan telah meluncurkan rudal balistik ke wilayah utara Jepang pada Selasa (4/10/2022) pagi. Karenanya sempat muncul peringatan untuk mencari perlindungan.

Hal ini diungkap Warga Negara Indonesia yang tinggal di Prefektur Hokkaido, Jepang seperti diwartakan SuaraJogja.id hari ini, (4/10/2022).

Baca Juga: - Korea Utara Kerahkan Hacker untuk Serang Amerika Serikat dan Jepang, Diduga Ini Tujuannya - Google Maps Tampilkan Bangunan Misterius di Korea Utara, Penuh Kaca Pecah - Satelit Tangkap Penampakan Kapal Selam Misterius di Korea Utara - 20 Foto Ini Mengungkap Betapa Berubahnya Korea Utara Sekarang

Menurut Sholilah, WNI yang berada di Hokkaido, Jepang tersebut sempat muncul peringatan dari pemerintah setempat untuk berlindung saat Korea Utara meluncurkan roket balistik.

"Tadi di handphone ada peringatan untuk mengungsi," kata Sholihah dimuat SuaraJogja.id.

Namun menurut Sholihah, situasi terkini masih normal dan tidak terdengar suara tembakan atau apa pun yang bersumber dari rudal balistik Korea Utara tersebut.

"Enggak ada (suara tembakan), di luar juga saya lihat tidak ada apa-apa, normal saja," kata WNI yang berada di Hokkaido, Jepang.

Selain itu, ia juga menjelaskan kalau belum terlihat adanya penduduk setempat yang mengungsi dari sekitar daerah tempat tinggalnya.

Tembakan Rudal Balistik Korea Utara

Korea Utara dilaporkan telah menembakkan rudal balistik ke wilayah Utara Jepang pada Selasa (4/10) pagi. Tindakan ini dilakukan pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Aksi peluncuran rudal balistik tersebut sontak memicu peringatan bagi penduduk setempat untuk berlindung dan penangguhan sementara operasi kereta.

Rudal Balistik Korut yang dilaporkan ditembakkan pada Selasa itu melintasi Jepang sekitar satu menit dan mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara itu sebelum jatuh ke Samudra Pasifik.

Rudal Balistik Korea Utara tersebut terbang sejauh 4.600 kilometer ke ketinggian maksimum 1.000 kilometer.

WNI di Jepang

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mengimbau semua WNI, terutama di Prefektur Aomori dan Hokkaido, untuk senantiasa mematuhi imbauan pemerintah setempat terkait tembakan rudal balistik Korea Utara.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Tokyo Ali Sucipto mengatakan pihaknya juga membuka hotline 24 jam yang bisa dihubungi di nomor +818035068612 dan +818049407419 untuk KBRI Tokyo dan +818031131003 untuk KJRI Osaka.

"Jadi kami menyampaikan imbauan kepada masyarakat Indonesia supaya hati-hati dan mengikuti imbauan dari pemerintah setempat kalau ada apa pun pasti bisa melaporkan melalui WA grup itu," kata Ali Sucipto dimuat SuaraJogja.id.

Dilaporkan pula, berdasarkan data Imigrasi Jepang hingga Juli 2022, terdapat 936 WNI yang berada di Prefektur Hokkaido dan 166 WNI di Aomori dari total 59.820 WNI yang ada di seluruh Jepang.

Itulah laporan terkini dari peluncuran rudal balistik Korea Utara ke wilayah utara Jepang. (SuaraJogja.id/ Eleonora PEW)

Berita Terkait

TERKINI

Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Sesar lembang berada di kawasan Jawa Barat dan diketahui masih aktif hingga saat ini.
sains | 16:46 WIB
Menurut catatan BMKG, kemunculan gempa susulan yang terekam terus mengalami penurunan.
sains | 18:31 WIB
Bakteri yang lama terpendam di balik lapisan es, kini siap kembali merebak dan berpotensi membahayakan manusia.
sains | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak