Canggih, Ilmuwan Temukan Cara untuk Kendalikan Komputer Langsung dari Otak

Bagaimana jadinya jika komputer bisa dikendalikan langsung oleh sinyal dari otak?

Rabu, 12 Oktober 2022 | 09:32 WIB
Ilustrasi Komputer (PC). (Pexels)

Hitekno.com - Para ilmuwan dari Southern Federal University (SFedU) telah mengusulkan metode dan algoritma baru untuk analisis cerdas sinyal aktivitas otak manusia.

Dilansir dari Sputnik News, menurut perkiraan mereka, kompleks perangkat lunak yang dikembangkan akan memungkinkan antarmuka otak ke komputer untuk disatukan sehingga fitur unik seseorang dapat dikembangkan.

Baca Juga: - Misi Uji Coba Pertahanan Bumi Sukses, NASA Berhasil Ubah Jalur Asteroid - Streaming Bareng Okky Boy, Windah Basudara Kumpulkan Dana Charity Fantastis - Pamer Duit Melimpah, Aksi Bapak-bapak Susah Tutup Dompet Ini Bikin Netizen Antri Jadi Istri Muda

Antarmuka otak-komputer adalah kontrol non-otot dan sistem komunikasi yang dirancang untuk membantu orang-orang yang kehilangan mobilitas.

Tidak jarang pasien seperti itu, meskipun sadar, terbaring di tempat tidur karena hilangnya aktivitas otot.

Antarmuka saraf menghubungkan aktivitas saraf ke perangkat eksternal (misalnya, prostesis bionik), yang dikendalikan oleh sinyal otak, secara harfiah oleh kekuatan pikiran.

Para ilmuwan dari Southern Federal University (SFedU) di Rostov on Don, berangkat untuk menguraikan karakteristik individu dari sinyal tersebut untuk menerapkannya dalam praktik rehabilitasi sehari-hari.

Hasil penelitian mereka dipublikasikan dalam jurnal Peer-review Applied Sciences.

Ilustrasi otak. (Pexels)

"Karakteristik otak individu diketahui berkontribusi secara signifikan terhadap efisiensi antarmuka. Itu sebabnya kami menggunakan jaringan saraf adaptif. Ini memungkinkan kami untuk menerapkan algoritma pencarian 'pintar' dan menentukan padanan mental gerakan berdasarkan elektroensefalogram real-time (EEG)," kata Dmitry Lazurenko, ilmuwan peneliti senior di SFedU Research Center for Neurotechnology and Psychophysiology, menjelaskan.

Para ahli mencatat bahwa sistem seperti itu sangat diminati karena mereka memberikan kesempatan untuk rehabilitasi yang sukses dan, yang paling penting, untuk membangkitkan aktivitas independen penyandang cacat.

Sebagai hasil dari penelitian, para ilmuwan telah mengembangkan paket perangkat lunak yang mencakup metode pemrosesan EEG yang memungkinkan untuk memahami dengan tepat bagaimana otak mengkodekan informasi tentang gerakan.

"Keuntungan dan kebaruan pendekatan kami terletak pada algoritma yang kami kembangkan, yang memungkinkan kami untuk menentukan pengaturan optimal dari metode klasifikasi sinyal otak untuk memecahkan masalah kontrol saraf dan neurokomunikasi dalam loop antarmuka otak-komputer," kata Lazurenko.

Menurut ilmuwan penelitian terkemuka SFedU, penelitian yang dilakukan merupakan tugas terpisah dari proyek terapan fundamental utama universitas.

Di masa depan, mekanisme neurofisiologis otak yang berfungsi dalam kondisi aktivitas motorik sukarela dan perilaku bebas akan dipelajari bersamaan dengan perkembangan neurointerfaces untuk berbagai keperluan.

Penelitian ini dilakukan dengan dukungan dari Russian Science Foundation dalam kerangka program kepemimpinan akademik strategis "Priority 2030".

SFedU adalah anggota program federal Kementerian Sains dan Pendidikan Tinggi Federasi Rusia di jalur "Kepemimpinan Penelitian".

Program pengembangan Southern Federal University mencakup lima proyek strategis, termasuk proyek strategis "Sistem Manajemen dan Kecerdasan Hibrida".