Sains

Sisi Ngeri Mobil Listrik Ini Viral, Pengendara Porsche Ini Jadi Korban, Sebabnya Bikin Merinding

Ini salah satu risiko yang diusung oleh mobil listrik, bikin ngeri.

Cesar Uji Tawakal

Mobil Listrik Porsche terbakar. (Gizmochina)
Mobil Listrik Porsche terbakar. (Gizmochina)

Hitekno.com - Di balik gencarnya elektrifikasi kendaraan, terdapat sisi negatif yang mungkin tak banyak disadari oleh orang-orang.

Seperti yang terjadi pada insiden kecelakaan mobil listrik mewah yang satu ini. Dilansir dari Gizmochina, pada 14 September, video mobil Porsche terbakar menjadi viral di internet China.

Laporan media lokal di sana menyatakan bahwa kendaraan itu adalah Porsche Taycan EV yang dikendarai di kota Suzhou, Provinsi Jiangsu selatan, di China Timur.

Beberapa media melaporkan bahwa Porsche Taycan yang dimaksud mengalami kecelakaan dan segera terbakar dengan cepat, menyebabkan pengendaranya tewas dilalap si jago merah.

Mobil ini menabrak pagar pembatas di dekat pusat perbelanjaan dan terbakar. Orang yang lewat mencoba menyelamatkan pengemudi tetapi pintu mobil macet dan tidak dapat dibuka dari luar yang akhirnya menyebabkan kematian pengemudi muda yang berusia tiga puluhan.

Mobil Listrik Porsche terbakar. (Gizmochina)
Mobil Listrik Porsche terbakar. (Gizmochina)

Ini rupanya insiden ketiga dalam empat bulan terakhir di mana terdapat Porsche yang terbakar, dua di antaranya merupakan mobil listrik yang baru- baru-baru ini diluncurkan.

Pada 12 Agustus, sebuah Porsche Panamera EV tiba-tiba terbakar. Pengemudi dan penumpang melihat asap keluar dari kursi pengemudi dan dengan cepat menghentikan mobil dan bergegas keluar dalam hitungan detik sebelum seluruh kendaraan meledak.

Kembali pada 13 Juni, kota Suzhou menyaksikan sebuah Porsche terbakar secara spontan. Lagi-lagi pengemudi dan penumpang beruntung dan bisa melarikan diri sebelum mobil benar-benar hangus.

Data terbaru yang dirilis oleh Departemen Manajemen Darurat Nasional menyatakan bahwa kuartal pertama tahun 2022 melihat 640 kebakaran di mobil listrik.

Angka ini meningkat 32 persen dari tahun ke tahun. Namun, untuk mobil yang ditenagai oleh pembakaran internal, tingkat pertumbuhannya hanya 8,8 persen.

Tiga kebakaran dan satu kematian di sebuah kendaraan Porsche di China telah mengundang tanda tanya tentang keselamatan dan keamanan EV (kendaraan elektrik).

Berita Terkait