Sains

Akhirnya Diungkap Foto Mars Terbaru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb

Ini adalah foto pertama Mars yang diambil Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Agung Pratnyawan

Teleskop Luar Angkasa James Webb. (ESA)
Teleskop Luar Angkasa James Webb. (ESA)

Hitekno.com - Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) telah mengambil banyak foto berbagai objek galaksi nan jauh. Paling baru, diungkap foto terbaru yang ditangkap dari planet Mars.

Bukan hanya foto Mars terbaru, namun menjadi tangkapan gambar pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb dari planet merah tersebut.

Sebelumnya JWST telah membuat takjub dengan foto galaksi jauh dan nebula dengan kilauannya. Tak berhenti di situ, teleskop luar angkasa ini juga memperlihatkan kemampuannya lagi dalam memotret.

Dilaporkan kalau foto Mars terbaru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb ini mengungkap berbagai data baru planet merah tersebut.

Data yang baru dirilis berasal dari instrumen inframerah teleskop dan memberi para ilmuwan informasi tentang permukaan Mars dan komposisi atmosfer.

Badan Antariksa Eropa (ESA) mengumumkan bahwa Teleskop Luar Angkasa Webb menangkap pandangan pertama Mars pada 5 September lalu menggunakan Kamera Inframerah Dekat dan Spektrograf Inframerah Dekat.

Penampakkan pertama Mars dari teleskop ini sebenarnya terdiri dari dua gambar yang diambil pada dua panjang gelombang inframerah.

Foto Mars terbaru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb. (ESA)
Foto Mars terbaru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb. (ESA)

Ini menunjukkan Belahan Bumi Timur yang bermandikan matahari dari planet ini, yang diamati Webb dari sudut pandangnya hampir 932.000 mil (1,5 kilometer) jauhnya di Sun-Earth Lagrange Point 2.

Teleskop Luar Angkasa James Webb juga mengumpulkan beberapa data spektroskopi di atmosfer Mars menggunakan Spektrograf Inframerah Dekat.

Spektrograf mengungkapkan beberapa molekul yang membentuk atmosfer Mars yang sangat tipis, termasuk karbon dioksida, air, dan karbon monoksida, yang sesuai dengan penurunan yang disorot dalam grafik.

Meskipun bukan kesimpulan yang inovatif, penampakkan ini menunjukkan kemampuan Webb untuk secara akurat mengkarakterisasi komposisi atmosfer dari planet yang berbeda.

"Pengamatan Webb pertama di Mars ini menunjukkan bagaimana kita dapat mempelajari berbagai wilayah di permukaannya, termasuk komposisi atmosfernya dengan instrumen NIRSpec," kata Chris Evans, ilmuwan proyek Webb untuk ESA, dilansir laman Gizmodo, Selasa (20/9/2022).

"Membangun apa yang telah dilakukan dengan misi lain dan tanpa batasan atmosfer Bumi untuk spektroskopi berbasis darat, Webb akan memberi kita wawasan baru tentang topik penting seperti sejarah air di Mars." lanjutnya.

Dengan mengarahkan pandangan James Webb ke planet yang dipelajari dengan baik seperti Mars, para ilmuwan dapat menetapkan seberapa andal teleskop berteknologi tinggi dalam mempelajari benda langit yang sangat jauh.

Itulah data dan foto Mars terbaru yang berhasil ditangkap Teleskop Luar Angkasa James Webb belum lama ini. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait