Sains

Ampuh untuk Tangani Korban Perang, Ilmuwan Rusia Kembangkan Teknik Baru untuk Sembuhkan Luka Tanpa Bekas

Metode sayatan penyembuhan yang digunakan saat ini memiliki sejumlah keterbatasan. Bisa ditangani dengan temuan ini.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi dokter. (Pixabay/ Darko Stojanovic)
Ilustrasi dokter. (Pixabay/ Darko Stojanovic)

Hitekno.com - Metode bedah pertama di dunia untuk penyembuhan sayatan, baik di organ internal maupun eksternal, tanpa jaringan parut dikembangkan oleh para ilmuwan dari National Research University of Electronic Technology (MIET) dan Sechenov University.

Dilansir dari Sputnik News, menurut mereka, teknologi laser yang diusulkan sangat efisien, akurat dan murah. Hasil penelitian telah dipublikasikan dalam jurnal Bioengineering.

Metode sayatan penyembuhan yang digunakan saat ini memiliki sejumlah keterbatasan, kata para ilmuwan.

Penggunaan jahitan tradisional yang dibuat dengan jarum dan benang terbatas dalam operasi pada selaput lendir, pembuluh darah dan jaringan halus lainnya.

Menjahit menggunakan pengelasan listrik dan ultrasonik dapat merusak jaringan sehat, dan kekuatan ikatan perekat seringkali tidak mencukupi, kata para ahli.

"Kami dapat membuktikan keunggulan teknologi laser untuk perbaikan luka jaringan lunak dibandingkan metode bedah tradisional. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat mendapatkan jahitan kedap udara dengan ukuran minimum, yang di masa depan tidak akan meninggalkan bekas luka yang kasar dan nyata," kata Alexander Gerasimenko, kepala studi dan profesor asosiasi di Institute of Biomedical Systems di MIET.

Menurutnya, efek ini disediakan oleh komposisi unik dari solder, yang didasarkan pada albumin, protein transpor darah, serta penyerap optik indocyanine green dan nanotube karbon berdinding tunggal.

Ilustrasi dokter. (Pixabay)
Ilustrasi dokter. (Pixabay)

Perangkat laser itu sendiri dilengkapi dengan sistem feedback suhu yang pintar, memungkinkan Anda untuk mengontrol intensitas radiasi laser.

Dengan bantuan perangkat lunak, pemanasan laser jaringan biologis terjadi dengan akurasi 0, 5 ° C.

"Komponen solder dipilih untuk menyerap radiasi laser sebanyak mungkin, memusatkannya di area luka. Di bawah aksi radiasi, solder cair diubah menjadi biokomposit berpori padat yang dengan kuat menghubungkan tepi potongan. Dalam proses penyembuhan lebih lanjut, komposit mendorong pertumbuhan jaringan ke dalam strukturnya, dan kemudian larut dan diekskresikan dari tubuh," jelas Gerasimenko.

Berita Terkait