Sains

Gara-Gara Suhu Udara Panas, Daerah Ini Alami Krisis Energi, Kok Bisa?

Daerah ini alami krisis energi gegara suhu udara harian yang tinggi, kok bisa?

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi AC atau air conditioner. (Pixabay/ Zoltan Matuska)
Ilustrasi AC atau air conditioner. (Pixabay/ Zoltan Matuska)

Hitekno.com - Operator jaringan listrik negara bagian California di Amerika Serikat telah menyatakan keadaan darurat energi.

Dilansir dari Russia Today, mereka memperingatkan bahwa ada potensi pemadaman bergilir untuk mengekang lonjakan permintaan listrik.

Hal ini disebabkan adanya suhu panas , memicu permintaan listrik yang telah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa akibat penduduk menaikkan AC demi menghindari gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Operator Sistem Independen California (ISO) mengeluarkan peringatan darurat level 3 pada Selasa malam (6/9/2022) waktu setempat, mengatakan pasokan listrik mulai "menipis dalam menghadapi rekor panas dan permintaan," dan mungkin ada pemadaman.

"Jika diperlukan, ISO dapat memerintahkan utilitas untuk mulai merotasi pemadaman listrik untuk menjaga stabilitas jaringan listrik," kata badan itu.

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN. (Pixabay)
Ilustrasi Pembangkit Listrik. (Pixabay)

Mereka juga menambahkan bahwa puncak permintaan listrik hari Selasa diperkirakan akan melebihi 52.000 megawatt: "rekor tertinggi bersejarah sepanjang masa yang baru untuk jaringan listrik."

ISO melanjutkan dengan menjelaskan bahwa pemadaman listrik "terkendali" akan membantu "menjaga keandalan dan menghindari pemadaman berjenjang," memastikan sistem "tidak runtuh menjadi kegagalan daya yang tidak terkendali dan tidak direncanakan."

Pemerintah negara bagian California telah mengambil langkah-langkah darurat lainnya untuk mengatasi gelombang panas ekstrem dalam beberapa hari terakhir, termasuk upaya untuk meningkatkan produksi energi dan melindungi jaringan listrik, dengan kantor Gubernur Gavin Newsom memperingatkan "suhu tiga digit diperkirakan hingga Jumat."

"Orang California telah meningkat secara besar-besaran selama rekor gelombang panas ini, tetapi dengan suhu terpanas di sini sekarang, risiko pemadaman adalah nyata," kata gubernur pada hari Selasa.

"Kita semua harus menggandakan penghematan energi untuk mengurangi tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada jaringan listrik. Kami membutuhkan semua orang - individu, bisnis, negara bagian dan produsen energi - untuk melakukan bagian mereka dalam beberapa hari mendatang dan membantu California terus memenuhi tantangan ini."

Berita Terkait